JALAN MASUK DAN TEMPAT PAPARAN BAHAN TOKSIK - Kumpulan Materi
Breaking News
Loading...
Senin, 16 Oktober 2017

JALAN MASUK DAN TEMPAT PAPARAN BAHAN TOKSIK

Kumpulan MateriJalan masuk agen toksik ke dalam umumnya melalui saluran gastrointestinal (tertelan), paru-paru (terhirup) dan kulit. Selain itu ada juga jalan masuk yang cukup efektif yaitu melalui intramuscular, intradermal, dan subcutaneous. Jalan masuk yang berbeda ini mempengaruhi toksisitas dari bahan kimia. Jalan masuk paparan yang bersumber dari industri umumnya melalui kulit atau terhirup sedangkan kejadian keracuan umumnya tertera (ingestion).

Perbandingan dosis lethal suatu agen dan perbedaan jalan masuk dari paparan sangat bermanfaat berkaitan dengan absorpsinya. Suatu agen apabila diberikan dengan dosis yang sama tetapi cara masuknya berbeda, misalnya yang satu melalui intravena sedangkan yang lain melalui oral, maka dapat diasumsikan bahwa agen tersebut terabsorpsi dengan cepat. Sebaliknya bila dosis yang diberikan berbeda maka dapat diasumsian absorpsinya berbeda pula, misalnya suatu agen yang satu masuk melalu kulit dengan dosis lebih tinggi sedangkan yang satu melalui mulut dengan dosis lebih rendah.

Hal tersebut dapat diasumsikan bahwa kulit lebih tahan terhadap racun sehingga suatu agen untuk dapat diabsorpsi melalui kulit memerlukan dosis tinggi.







Sumber: Mukono H. J. (2005). Toksikologi Lingkungan. Surabaya: Airlangga University Press. (Hal 11)a

0 komentar:

Posting Komentar

Popular Posts

 
Toggle Footer