MEDIA MASSA SEBAGAI AGEN SOSIALISASI GENDER - Kumpulan Materi
Breaking News
Loading...
Rabu, 18 Oktober 2017

MEDIA MASSA SEBAGAI AGEN SOSIALISASI GENDER

Kumpulan MateriSebagaimana halnya dengan buku cerita untuk kanak-kanak dan remaja serta buku pelajaran di sekolah, maka media massa pun sangat berperan dalam sosialisasi gender, baik melalui pemberitaannya, kisah fiksi yang dimuatnya, maupun melalui iklan yang dipasang di dalamnya. Media massa, baik media cetak maupun elektronik, sering memuat iklan yang menunjang stereotip gender (gender-stereotyped advertising). Iklan yang mempromosikan berbagai produk keperluan rumah tangga seperti zat pembersih lantai, pembasmi serangga, sabun cuci, tapai gigi, bumbu masak, minyak goring, bakmi cepat saji, misalnya, cenderung menampilkan perempuan dalam produk mewah yang merupakan symbol status dan kesuksesan di bidang pekerjaan cenderung menampilkan model laki-laki. Meskipun iklan yang menampilkan perempuan di ranah pubulik berjumlah banyak, namun iklan demikian sering menekankan pada jenis pekeraan yang cenderung diperankan oleh perempuan dan menempati posisi rendah dalam organisasi, seperti misalnya peran sebagia resepsionis, pramugati, sekretaris, atau kasir dan bukan pada jabatan berstatus tinggi seperti misalnya presiden direktur bank atau kapten penerbang.

Gerakan sosial kaum perempuan untuk memperjuangkan persamaan gender telah mulai membawa dampak pada dunia periklanan. Berbagai iklan di media massa kini sudah mulai menampilan kepekaan dengan jalan menghindari stereotype gender dan menonolkan persamaan peran gender. Meskipun demikian, gerakan tersebut hingga kini masih belum mampu menanggulangi praktik pemuatan iklan yang mengandung stereotype gender.





Sumber: Sunarto K. (2004) Pengantar sosiologi. (Rev. ed.). Jakarta: Lembaga Penerbit Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia (Hal 113)

0 komentar:

Posting Komentar

Popular Posts

 
Toggle Footer