TIMBULNYA SIMPATI - Kumpulan Materi
Breaking News
Loading...
Kamis, 26 Oktober 2017

TIMBULNYA SIMPATI

Kumpulan MateriIstilah simpati ikenalkan oleh Mac Dougull dan berasal dari adanya self interest yang ada pada masing-masing individu dan dicerminkan dalam bentuk tingkah laku.

Dalam kehidupan bermasyarakat, self interest menunjukkan fungsinya sehingga kehidupan individu berlandaskan mencari keuntungan belaka. Oleh karena itu, kehidupan bersama sebenarnya tidak perlu diadakan.

Namun ahli lain, Adam Smith menambahkan bahwa kehidupan bersama itu ada karena masing-masing individu memiliki apa yang disebut dengan moral sentiment, yaitu suatu kekuatan dan dinamika individu yang tersembunyi pada diri individu. Selanjutnya ia menambahkan bahwa inti dari bekera sama, membantu teman, dan sebagainya sehingga bagaimanapun juga kehidupan bersama tersebut tetap harus ada pada individu.

Sementara itu, ahli lain seperti T. Ribot, Herbert Spencer, dan lain –lain mengatakan bahwa setiap individu itu memiliki self love yang tidak hanya dituukan pada diri sendiri, tetapi self love juga kepada individu lain serta self love ini menjadi dasar utama pada hubungan antarindividu.





Sumber: Santoso S. (2004). Dinamika kelompok (Rev. ed.). Jakarta: PT Bumi Aksara. (Hal 20)

0 komentar:

Posting Komentar

Popular Posts

 
Toggle Footer