HOME PROGRAM UNTUK ANAK AUTIS - Kumpulan Materi
Breaking News
Loading...
Selasa, 21 November 2017

HOME PROGRAM UNTUK ANAK AUTIS

Kumpulan MateriHome program atau program terapi di rumah bagi anak autis bukan istilah baru. Program ini sudah populer di sejumlah negara maju. Lingkungan rumah dan tetangga dianggap lingkungan terapi ideal bagi anak autis, mengingat di rumah terdapat akses yang lebih besar untuk mengontrolan diri, adanya timbal-balik yang alami, dan ada anak-anak lain atau anak tetangga yang dapat menjadi contoh atau role model. Keakraban anak terhadap lingkungan rumah dan tetangga juga dapat menjadi peluang peningkatan kesempatan berkomunikasi dan menggeneralisasi keterampilan yang baru diajarkan di sekolah terapi.

Menurut pengalaman para ahli, orangtua yang diberi dukungan cukup untuk melakukan home program, dapat mencapai program ini dengan mutu sangat tinggi. Di Indonesia, beberapa ahli medis yang menangani anak autis telah mencoba menerapkan home program pada pasiennya. Hal ini dikarenakan home program sangat membantu pasien dengan keterbatasan akses atau finansial.

Banyak pasien dari luar Jawa seperti Pontianak, Manado, Samarinda, dan Papua, dibekali dengan materi home program untuk dilanjutkan di rumah.








Sumber: Danuatmaja B. (2003). Terapi anak autis di rumah. Jakarta: Puspa Swara, Anggota Ikapi. (Hal. 15).

0 komentar:

Posting Komentar

Popular Posts

 
Toggle Footer