PELAKSANAAN TERAPI PERILAKU - Kumpulan Materi
Breaking News
Loading...
Minggu, 15 April 2018

PELAKSANAAN TERAPI PERILAKU

Kumpulan Materi - Terapi perilaku mempelajari cara seorang individu bereaksi terhadap suatu rangsangan, konsekuensi yang terjadi sebagai reaksi spesifik tersebut, dan bagaimana konsekuensi tersebut mempengaruhi kejadian yang akan datang. Terapi perilaku (behavior therapy) merupakan suaatu metode untuk membangun kemampuan yang secara sosial bermanfaat dan mengurangi atau menghilangkan hal-hal kebalikannya yang merupakan masalah. 


Metode ini dapat melatih setiap keterampilan yang tidak dimiliki anak, mulai dari respon sederhana, misalnya memandang orang lain atau kontak mata, sampai keterampilan kompleks, misalnya komunikasi spontan dan interaksi sosial. Metode ini diajarkan secara sistematik, terstruktur dan terukur. Dimulai dengan sistem one on one (satu guru satu murid), dengan memberikan instruksi spesifik yang singkat, jelas, dan konsisten. Biasanya, diperlukan suatu prompt (bimbingan, model, bantuan, dan arahan) di awal terapi. Respon yang benar, dengan atau tanpa prompt, akan diberikan imbalan. 

Latihan dilakukan berulang-ulang sampai anak berespon sendiri tanpa prompt. Respon anak dicacat dan dievaluasi sesuati kriteria yang sudah dibuat. Respon sederhana secara sistematik dibangun menjadi respon yang kompleks, berkombinasi, dan bervariasi sesuai umur anak 

Selanjutnya, dilakukan perluasan dan generalisasi terhadap kemampuan dan keterampialn yang sudah dikuasai pada situasi yang kurang terstruktur, misalnya kesempatan yang insidental atau “alamiah”. Secara bertahap, dialihkan dari instruksi satu guru-satu murid ke kelompok kecil kemudian kelompok besar. 

Terapi perilaku juga bertujuan mengajaran anak bagaimana belajar dari lingkungan normal, bagaimana berespon terhadap lingkungan, dan mengajarkan perilaku yang sesuai agar anak dapat membedakan berbagai hal tertentu dari berbagai macam rangasangan. Jadi, yang terpenting ada-lah mengajarkan anak belajar untuk belajar. 









Sumber: Danuatmaja B. (2003). Terapi anak autis di rumah. Jakarta: Puspa Swara, Anggota Ikapi. (Hal. 28-29)

0 komentar:

Posting Komentar

Popular Posts

 
Toggle Footer