PANCASILA SEBAGAI JATI DIRI BANGSA INDONESIA - Kumpulan Materi
Breaking News
Loading...
Kamis, 02 Februari 2012

PANCASILA SEBAGAI JATI DIRI BANGSA INDONESIA


The founding fathers pada waktu merancang berdirinya Negara Kesatuan Republik Indonesia membahas dasar negara yang akan didirikan. Setelah tercapai kesepakatan bahwa Pancasila merupakan prinsip dasar dan nilai – nilai dasar yang mempribadi dalam masyarakat serta merupakan living reality, maka Pacasila sekaligus menjadi jati diri bangsa Indonesia.

Jati diri bangsa adalah pandangan hidup yang berkembang di masyarakat yang menjadi kesepakatan bersama, berisi konsep, prinsip dan nilai dasar yang diangkat menjadi dasar negara sebagai landasan statis, ideologi nasional, dan sebagai landasan dinamis bagi bangsa yang bersangkutan dalam menghadapi segala permasalah menuju cita-citanya. Jati diri bangsa Indonseia tidak lain adalah Pancasila yang bersifat khusus, otentik, dan orisinal yang membedakan bangsa indonesia dari bangsa lain.

Sekarang dan dimasa yang akan datang, kita semua harus secara kontinu berupaya untuk menemukan cara-cara bagaimana mempertahankan dan memperkokoh jadi diri bangsa di tengah arus perubahan glonalisasi yang cenderung menembus sudut sekat antarbudaya dan bangsa. Oleh sebab itu, pengimeplementasian nilai – nilai Pancasila secara nyata dalam kehidupan sehari – hari menjadi suatu kemendesakan demi memperkokoh dan melestarikan jati diri bangsa serta menjamin tetap tegaknya integritas bangsa yang sejahtera dalam wadah Negara Kesatuan Republik Indonesia.

0 komentar:

Posting Komentar

Popular Posts

 
Toggle Footer