APA YANG DAPAT PSIKOLOGI LAKUKAN UNTUK ANDA DAN APA YANG TIDAK - Kumpulan Materi
Breaking News
Loading...
Senin, 26 Maret 2012

APA YANG DAPAT PSIKOLOGI LAKUKAN UNTUK ANDA DAN APA YANG TIDAK

Jika anda bermaksud menjadi psikologi peneliti atau profesional di bidang kesehatan mental. Sebenarnya anda telah memiliki alasan yang jelas untuk mengambil kuliah psikologi. Meskipun demikian psikologi dapat memberi konstribusi pada kehidupan anda dalam berbagai cara, terlepas dari rencana anda untuk bekerja di bidang ini atau tidak. Berikut ini beberapa hal yang dapat dilakukan psikologi untuk anda.

Memperluas wawasan anda
Salah satu tujuan pendidikan adalah memperkenalkan orang pada warisan kebudayaan dan manusia, melalui sastra, seni dan ilmu pengetahuan. Karena psikologi memainkan peranan yang luas dalam masyarakat kontemporer agar dapat menjadi pribadi pribadi yang berwawasan luas, diperlukan pengetahuan mengenai beberapa hal yang terkait dengan metode dan temuan di bidang psikologi

Memuaskan rasa ingin tahu anda
Menganai sifat manusia, Ketika filsuf Yunani kuno Socrates memperingatkan para siswanya agar mereka “mengenal diri sendiri”. Ia hanya mengatakan pada mereka untuk melakukan apa yang ingin dilakukan oleh setiap orang pada umumnya. Psikologi bersama dengan ilmu sosial, sastra sejarah, dan filsafat dapat membantu anda memahami diri anda sendiri dan orang lain secara lebih baik.

Membantu meningkatkan ke mampuan anda mengontrol kehidupan
Psikologi tidak dapat memecahkan semua masalah teknik-teknik yang mungkin dapat membantu mengatasi emosi anda, meningkatkan ingatan, dan menurangi sejumlah kebiasaan yang tidak diinginkan. Psikologi juga dapat secara objektif yang berguna untuk menganalisis perilaku dan hubungan anda dengan orang lain.







Membantu pekerjaan anda
Banyak orang yang memperoleh gelar sarjana muda di bidang psikologi kemudian melanjutkan pendidikannya ke bidang lain. Latar belakang psikologi berguna untuk memperoleh pekerjaan dalam sejumlah profesi yang sifatnya membuat pertolongan. Seperti pekerjaan di bidang kesejahteraan sosial atau konselor rehabilitasi. Semua orang yang bekerja sebagai perawat, dokter, penasihat religius, petugas kepolisian, atau guru, juga dapat melibatkan psikolog dalam bidang tersebut. Demikian pula pelayanan pramugari/pramugara, kasir bank, penjual, resepsionis, dan berbagai pekerjaan lainnya yang melibatkan pelayanan terhadap pelanggan. Akhirnya, psikologi dapat dimanfaatkan oleh orang-orang yang pekerjaannya menuntut kemampuan memprediksi perilaku seseorang-negosiater buruh, politisi,copuwriter iklan, manajer, perancang produk, pembeli peneliti pasar, tukang sulap.

Membeli pemahaman mengenai masalah politik dan sosial.
Kejahatan penyalagunaan obat terlarang, diskriminasi, dan perang. Bukanlah sekedar masalah sosial. Namun merupakan masalah psikologi. Pengetahuan psikologi saja tidak dapat memecahkan masalah politik, sosial, dan etika yang kompleks serta selalu menjadi wabah di setiap masyarakat, meskipun demikian, psikologi dapat membantu masyarakat mengambil keputusan dengan memberikan informasi-informasi yang relevan. Jika anda mengetahui pengaruh praktek sosial dan budaya terhadap penggunaan dan penyalagunaan obat, dan jika anda mengetahui pengaruh hukuman terhadap jumlah buronan, pengetahuan ini dapat mempengaruhi pandangan anda mengenai hukuman yang harus dijatuhkan terhadap pelaku kejahatan.

Kami optimis mengenai peranan psikologi di dunia, namun kami ingin mengingatkan kepada anda bahwa orang mengaharaptkan sesuatu psikologi yang tidak bisa ia dapatkan. Psikologi tidak dapat memberi tahu anda mengenai makna hidup. Filsafat hidup tidak hanya sekedar pengelolahan yang menuntut, melainkan juga refleksi dan kesediaan untuk belajar dari berbafai pengalaman hidup. Pemahaman psikologi juga tidak akan membebasakan seseorang dari kelakuan buruknya. Pengetahuan bahwa sifat pemarah sebagian disebabkan karena ketidakbahagiaan dimasa kanak-kanak tidak memberi anda izin untuk meneriaki keluarga atau menganiaya anak. Akhirnya sebagai mana yang selalu kami tekankan, psikologi tidak akan menyediakan jawaban sederhana terhadap berbagai pertanyaab kompleks. Namun demikian,  psikologi menawarkan berbagai temuan dari berbagai perspekstif, yang akan mendorong para pemikir kritis untuk mencoba mengevaluasi dan mengintegrasikannya.


Sumber :Buku Psikologi, edisi kesembilan, jilid 1. Carole Wade. Carol Travris.

0 komentar:

Posting Komentar

Popular Posts

 
Toggle Footer