Breaking News
Loading...
Senin, 12 Maret 2012

GANGGUAN MENTAL ORGANIK


Menurut PPDGJ IV gangguan mental organik adalah gangguan mental yang berkaitan dengan penyakit atau gangguan sistemik atau otak yang dapat di diagnosis sendiri.

Menurut Supratiknya gangguan mental organik adalah jenis gangguan mental yang timbul karena terjadi kerusakan pada otak yang semula normal.

Gangguan mental organik adalah gangguan mental yang disebabkan karena keadaan tidak normal baik secara fisik maupun biologis karena adanya kerusakan fungsi otak.

Macam-Macam Gangguan Mental Organik

Sindrom Sintom Organik
Sindrom sintom organik adalah kumpulan simtom yang cenderung bergabung menjadi satu. Menurut Barlow & Durand 1995. Dalam buku Fitri Faizah. Ada empat subkategori dari sindrom sintom organik:


Delirium dan Demensia
Delirium biasanya ditandai dengan disorganisasi fungsi-fungsi mental yang tinggi seperti berfikir yang timbul dan berlangsung secara cepat, penyebabnya adalah gangguan yang meluas pada metabolisme otak. Penanganan pertama pada individu yang mengalami gangguan delirium adalah dengan mengecek masalah medis yang selama ini dialami oleh individu dan hal-hal yang mungkin menyebabkan munculnya gangguan tersebut.

Dimensia atau kepanikan adalah kemunduran fungsi intelek yang terjadi sesudah otak berkembang secara normal-matang, kemampuan intelektual biasanya memburuk secara bertahap dan sulit untuk diperbaiki. Penyebab demensia biasanya proses degeneratif seperti yang lazim menimpa kaum lansia, stroke, infeksi-infeksi tertentu seperti sipilis atau HIV, tumor otak, cedera otak. Penanganan bagi penderita gangguan ini biasanya lebih diarahkan pada usaha untuk menghentikan kerusakan otak yang lebih parah dan menyeluruh serta usaha untuk menolong individu dan keluarga yang menangani individu demensia untuk beradaptasi untuk beradaptasi dengan gangguan tersebut.

Sindrom Amnestik dan Halusinosis
Sindrom amnestik adalah kehilangan kemampuan mengingat kejadian yang baru berlangsung beberapa menit yang silam. Halusionis adalah gangguan berupa halusinasi yang disebabkan oleh oleh gangguan tertentu pada otak. Kasus ini banyak ditemukan di kalangan para pecandu alkohol.

Sindrom Delusi Organik dan Sindrom Afektif Organik
Sindrom Delusi Organik adalah gangguan berupa delusi yang kaitannya dengan gangguan pada otak. Penyebabnya bisa karena infeksi, keracunan obat-obatan tertentu, cedera, atau tumor otak.

Sindrom afektif organik adalah gangguan berupa keadaan mania atau depresi sehubungan dengan gangguan pada otak. Penyebabnya bisa cedera otak, tumor otak, tumor pada kelenjar hormon.

Sindrom Kepribadian Organik
Sindrom kepribadian organik adalah perubahan gaya atau sifat-sifat kepribadian mengikuti terjadinya kerusakan pada otak. Perubahan ini biasanya menuju kearah negatif, berupa gangguan dalam penilaian sosial, menurutnya kontrol atas emosi dan dorongan, menurutnya kepedulian akibat dari perbuatannya sendiri, dan ketidakmampuan aktivitas yang bertujuan.

Paresis Umum (General Paresis)
Paresis umum merupakan salah satu dari beberapa bentuk serangan terhadap sistem saraf pusat oleh organisme yang menyebabkan infeksi sipilis.

Demensia Senil dan Prasenil
Demensia senil adalah gangguan mental yang menyertai degenarisasi otak dan lazim menimpa kaum lansia. Demensia prasenil adalah gejala serupa manum yang berlangsung pada usia yang lebih muda.

Arteriosklerosis Serebal
Aeteriosklerosis serebal adalah pengerasan pembulu-pembulu darah pada otak, yang berakibat peredaran darah tidak lancar, atau bahkan terhambat sama sekali.

0 komentar:

Poskan Komentar

Popular Posts

 
Toggle Footer