PENDIDIKAN MULTIKULTURAL - Kumpulan Materi
Breaking News
Loading...
Kamis, 22 Maret 2012

PENDIDIKAN MULTIKULTURAL

Kita telah mendiskusikan banyak ide yang bermanfaat bagi relasi anak dengan orang dari kultur dan etnik yang berbeda. Berikut ini adalah rekomendasi dari pakar pendidikan multikultural James Banks (2001) untuk menjalankan pengajaran multikultural:
  • Waspadalah terhadap isi rasis dalam materi pelajaran dan interaksi di kelas. Sumber yang bagus untuk memperlajari rasisme adalah buku Paul Kivel (1995), Uprooting Racism.
  • Pelajari lebih banyak tentang kelompok etnis yang berbeda-beda. Baca setidaknya satu buku utama tentang sejarah dan kultur kelompok etnis Amerika. Salah satu buku yang menyajikan deskripsi sejarah kelompok ini adalah Teaching Strategies for Ethnic Studies oleh Banks (2003).
  • Peka terhadap sikap etnis murid dan jangan menerima keyakinan bahwa ”anak tidak melihat perbedaan warna kulit”. Respons pandangan kultural anak secara sensitif.






  • Gunakan buku, film, viseo, dan rekaman untuk menggambarkan perspektif etnis. Buku Banks (2003), Teaching Strategies for ethnic Studies, mendeskripsikan sejumlah persoalan ini.
  • Bersikaplah peka terhadap perkembangan kebutuhan murid anda ketika anda memilih materi kultural. Di masa anak-anak awal dan kelas SD, buat pengalaman belajar menjadi spesifik dan konkret. Banks percaya bahwa fiksi dan biografi adalah pilihan bagus untuk memperkenalkan konsep kultural kepada murid. Banks mengarakan bahwa murid level ini dapat mempelajari konsep seperti kesamaan, perbedaan, prasangka, dan diskriminasi, tetapi belum siap untuk mempelajari konsep seperti rasisme dan penindasan.
  • Pandang murid secara positif terlepas etnis mereka. Semua murid akan belajar dengan baik apalagi guru mereka mendukung prestasi mereka dan membantu upaya belajar mereka.
  • Akui bahwa kebanyakan orang tua, terlepas dari etnisitasnya, memerlihatkan pendidikan anaknya dan ingin agar anaknya sukses di sekolah. Namun, pahami bahwa banyak orang tua Kulit Berwarna punya pandangan yang bercampur tentang sekolah karena mereka pernah mengalami diskriminasi. Cari cara positif untuk membantu orang tua Kulit Berwarna terlibat dalam pendidikan anak dan anggap mereka sebagai mitra dalam pembelajaran anak.



Sumber: Buku Psikologi Pendidikan, edisi kedua. John W. Santrock, University of Texas—Dallas.

0 komentar:

Posting Komentar

Popular Posts

 
Toggle Footer