MENGAVALUASI PENDEKATAN KOGNITIF SOSIAL - Kumpulan Materi
Breaking News
Loading...
Kamis, 22 Maret 2012

MENGAVALUASI PENDEKATAN KOGNITIF SOSIAL

21.48
Pendekatan kognitif sosial telah memberi konstribusi penting untuk mendidika anak. Selain mempertahankan aroma ilmiah kaum behavioris dan menekankan pada observasi yang cermat, pendekatan ini juga memperluas penekanan pembelajaran sampai ke faktor kognitif dan sosial, pembelajaran dilakukan dengan mengamati dan mendengarkan model yang konpeten dan kemudian meniru apa yang mereka lakukan. Penekanannya pendekatan perilaku kognitif pada pembelajaran instruktif diri, pembicaraan diri, dan regulasi diri, telah menimbulkan pergeseran penting dari pembelajaran yang dikontrol orang lain ke kamauan untuk bertanggung jawab atas pembelajaran yang dilakukannya seseorang (Higgins, 2000; Pintrich & Schunk, 2002). strategi meningkatkan kemampuan belajar murid secara signitifikan.



Muncul sejumlah kritik terhadap pendekatan kognitif sosial ini. Beberapa teoritisi kognitif percaya bahwa pendekatan tersebut masih terlalu fokus pada perilaku dan faktor eksternal dan kurang menjelaskan secara detailan bagaimana berlangsungnya proses kognitif seperti pikiran, memori, pemecahan ini karena dipandang bersifat non-devolopmental, dalam pengetian bahwa pendekatan ini tidak menyebutkan urutan perubahan pembelajaran ini karena tidak memberi cukup perhatian pada rasa pengahargaan diri dan hubungan yang penuh perhatian dan suportif. Semua kritik ini juga diarahkan pada pendekatan behavioral, seperti pengkondisian operan Skinner, yang didiskusikan di muka.


Sumber: Buku Psikologi Pendidikan, edisi kedua. John W. Santrock, University of Texas—Dallas.
 

0 komentar:

Posting Komentar

Popular Posts

 
Toggle Footer