TIPE-TIPE KONTAVENSI - Kumpulan Materi
Breaking News
Loading...
Kamis, 08 Maret 2012

TIPE-TIPE KONTAVENSI

17.00
Menurut Leopold von Wase dan Howard P. Becker, kontravensi terdiri atas tipe-tipe umum, antara lain sebagai berikut.

Kontravensi Generasi

Tipe kontravensi ini lebih umum terjadi di masyarakat modern dan pada umumnya terdapat di perkotaan. Hal itu terjadi karena perbedaan budaya antara anak dan orang tua. Orang tua yang terkait karena perbedaan budaya antara anak dan orang tua. Orang tua yang terkait tradisi-tradisi tidak begitu saja menerima perubahan dalam masyarakat, sedangkan anak atau generasi muda terutama karena alat omunikasi yang modern, kadang-kadang tanpa pertimbangan mendalam dengan mudah sekali meniru unsur kebudayaan lain. Ketidakstabilan kepribadian generasi muda yang tidak jarang menimbulkan konflik dalam dirinya akan berhadapan dengan kepribadian generasi tua yang telah lama terbentuk dengan budaya lama yang konservatif sehingga terjadi gap. Apabila hubungan tersebut hanya sampai pada sikap keragu-raguan, hanya terjadi kontravensi dan belum mengarah ke konflik atau pertikaian.

Kontravensi jenis Jelamin

tipe kontravensi jenis kelamin menyangkut hubungan suami-istri yang mengalami perubahan cara pandang terhadap jenis kelamin. Di satu sisi masyarakat telah menampilkan suami-istri itu memiliki kedudukan sejajar dalam bentuk emansipasi, akan tetapi di sisi lain masyarakat masih mimiliki keraguan terhadap peran dan status wanita sehingga muncul kontravensi jenis kelamin.

Kontravensi Parlementer

tiep kontravensi parlementer berkaitan dengan hubungan antara golongan mayoritas hubungan mereka di dalam legilatif, keagamaan, dan pendidikan

Sumber: buku ilmu pengetahuan sosial, Sosiologi. Pabundu Tika, Amin, Andi Sopandi, Mita Widyastuti

0 komentar:

Posting Komentar

Popular Posts

 
Toggle Footer