Breaking News
Loading...
Sabtu, 10 Maret 2012

TUJUAN DAN SASARAN PEMBANGUNAN NASIONAL


Pembangunan di indonesia dilakukan secara menyeluruh di segala aspek kehudupan masyarakat.
Pengertian Pembangunan
Pembangunan dapat dimaksud sebagai proses yang diajukan oleh manusia guna meningkatkan taraf kehidupannya, baik kebutuhan hidup lahir maupun batin. Pembangunan dapat diartikan sebagai suatu kegiatan yang berguna untuk terwujudnya suatu kemakmuran dan kesejahteraan bersama yang hasilnya kelak dapat dirasakan oleh seluruh rakyat sebagai peningkatan taraf hidup lahir dan batin secara adil dan merata.
Kegiatan pembangunan di indonesia dilaksanakan dengan mendasarkan pada asas Trilogi Pembangunan yang mencakup, antara lain sebagai berikut.
  1. Pemerataan pembangunan serta hasil-hasilnya guna menuju pada terwujudnya keadilan sosial bagi seluruh rakyat.
  2. Pertumbuhan ekonomi yang cukup tinggi.
  3. Stabilitas nasional yang sehat dan dinamis.
Pembangunan di indonesia dilakukan pada semua aspek kehidupan (politik, ekonomi, dan sosial budaya) dengan segala komponennya. Hal ini dimaksudkan agar semua berjalan seiring dan sejalan baik secara kuantitas maupun kualitasnya
Tujuan Pembangunan Nasional
Pembangunan nasional di indonesia adalah suatu upaya untuk meningkatkan kualitas manusia (rakyat) Indonesia secara berkesinambungan yang didasari kepada kekuatan bangsa dengan memanfaatkan ilmu pengetahuan dan teknologi (iptek) sesuai dengan dinamikan internasional yang berkembang. Pembangunan nasional di Indonesia ditujukan untuk mewujudkan suatu masyarakat adil, makmur, dan merata baik material maupun spiritual berdasarkan Pancasila dan Undang-Undang Dasar 1945 di dalam wadah Negara Kesatuan Republik Indonesia yang merdeka, berdaulat, bersatu dan berkedaulatan rakyat dalam susunan perikehidupan bangsa yang aman, tentram, tertib, dann dinamik, serta dalam lingkungan pergaulan dunia yang merdeka, bersahabat, tertib, dan dinamis, serta dalam lingkungan pergaulan dunia yang merdeka, bersahabat, tertib, dan damai.
Pembangunan hendaknya dilandaskan pada suatu perencanaan yang menyeluruh. Artinya, pembangunan hendaknya dilaksanakan dengan sengaja dan ditentukan secara jelas tujuan, arah, pelaksanaan dan sasarannya.
Sasaran Pembangunan Nasional
Pada setiap kegiatan pembangunan seharusnya mempunyai sasaran yang tepat sehingga dapat berguna seacara efektif dan efisien. Adapun sasaran pembangunan nasional yang dilaksanakan di Indonesia adalah membentuk manusia Indonesian seluruhnya.

Sumber: Mengkaji Ilmu Geografi 2. Sugiyanto. Danang Endarto.

0 komentar:

Poskan Komentar

 
Toggle Footer