KERJA SAMA EKONOMI INTERNASIONAL NON-PBB - Kumpulan Materi
Breaking News
Loading...
Jumat, 06 April 2012

KERJA SAMA EKONOMI INTERNASIONAL NON-PBB

Masih ada lembaga kerja sama yang dibentuk oleh negara-negara tertentu untuk memberikan bantuan kepada suatu negara. Contohnya adalah sebagai berikut

Inter-Governmental Group on-Indonesia (IGGI)
IGGI adalah suatu kelompok dan negara-negara maju dan juga lembaga-lembaga internasional yang ingin memberikan pinjaman kepada Indonesia untuk membiayai pembangunan. Lembaga ini didirikan pada tahun 1967 dan pusat kegiatannya di Den Haaq, Belanda. Yang menjadi ketua IGGI adalah Menteri Kerja Sama Pembangunan Kerajaan Belanda.
 
Bunga pinjaman dari IGGI sangat murah, yaitu sekitar dua setengah persen setahun, dan masa pengembaliannya antara tiga puluh sampai empat puluh tahun dengan masa bebas membayar bunga antara tujuh sampai sepuluh tahun.
Beberapa tahun terakhir menjelang tahun 1992. Belanda mencapuri urusan dalam negeri pemerintah Indonesia dan selalu mengancam ingin mengehentikan bantuannya ke Indonesia. Oleh karena itu, pada tanggal 25 Maret 1992 Indonesia menolak bantuan dana dan Belanda (anggota IGGI) dan meminta pembubaran IGGI. Meskipun demikian,Indonesia tetap memenuhi kewajibannya, yaitu membayar bunga dan cicilan pengembaliannya.



Consultative Group for Indonesia (CGI)
CGI didirikan oleh Bank Dunia sebagai pengganti IGGI atas permintaan pemerintah Indonesia. Sebagian besar anggota CGI adalah mantan anggota IGGI.

Asian Development Bank (ADB)
Asian Development Bank, atau Bank Pembangunan Asia memberikan pinjaman dengan syarat-syarat lunak untuk membiayai pembangunan Jangka waktu pinjamannya adalah selama empat puluh tahun, termasuk masa tenggang sepuluh tahun dengan bunga satu persen per tahun. Kegiatan ADB dimulai sejak tanggal 19 Desember 1966 dan berkantor pusat di Mania, Filipina.

Islamic Development Bank (IDB)
Islamic Development Bank, atau Bank Pembangunan Islam didirikan pada tanggal 20 Oktober 1975. lembaga keuangan internasional ini bertujuan untuk membantu pembangunan ekonomi dan sosial bagi negara-negara anggota dan masyarakat Islam dengan cara memberikan pinjaman dengan syarat-syarat lunak.


Sumber: Buku Ekonomi. Suyanto. Nurhadi

1 komentar:

  1. Cari Tiket Pesawat dan tiket kapal Online Super Cepat dan murah??
    http://selltiket.com
    Booking di SELLTIKET.COM aja!!!
    CEPAT,….TEPAT,….DAN HARGA TERJANGKAU!!!

    Ingin usaha menjadi agen tiket pesawat??
    Yang memiliki potensi penghasilan tanpa batas.
    Bergabung segera di http://agenselltiket.com

    INFO LEBIH LANJUT HUBUNGI:
    No handphone : 085372801819

    BalasHapus

Popular Posts

 
Toggle Footer