PERDAGANGAN INTERNASIONAL MASA PENJELAJAHAN SAMUDERA - Kumpulan Materi
Breaking News
Loading...
Jumat, 06 April 2012

PERDAGANGAN INTERNASIONAL MASA PENJELAJAHAN SAMUDERA

17.38
Kawasan Eropa abad ke-15 dan 16 ditandai oleh perkembangan teknologi pelayanan dan navigasi. Muncul kapal-kapal berdaya muat besar lengkap dengan perlengkapan militer untuk perlindungan. Perkembangan ini mengakibatkan semakin mungkinnya pengangkkutan barang dagang dalam jumlah banyak ke tempat jauh dengan biaya jauh lebih murah.

Perkembangan pelayanan dan navigasi mempercepat meluasnya perdagangan internasional. Perluasan semakin dipacu oleh penemuan wilayah baru, seperti Amerika, dan jalur pelayanan baru ke Amerika memunculkan barang dagang baru, yakni tembakau dan kayu gelondongan.





Perkembangan yang marak itu memunculkan bentuk baru perdagangan internasional. Bentuk baru itu paling jelas tampak dalam asosiasi yang tadinya informal berubah menjadi kemitraan resmi, atau lebih dikenal sebagai persekutuan dagang, terdiri atas para pemegang persekutuan dagang, terdiri atas para pemegang saham. Persekutuan inilah yang memiliki kapal-kapal besar, bukan lagi para kapten kapal. (Sebelumnya, pada pedagang menyewa jasa kapten kapal untuk mengangkut barang ke tempat tertentu). Persekutuan ini pun memiliki hak khusus di bidang militer, politik, dan ekonomi di wilayah ekspolorasi (tanah jajahan). Contoh persekutuan dagang yang kita kenal antara lain VOC dari Belanda dan EIC dari inggris.



Sumber: BukuEkonomi. Suyanto. Nurhadi

0 komentar:

Posting Komentar

Popular Posts

 
Toggle Footer