KETERGANTUNGAN ANTARNEGARA DALAM PEREKONOMIAN DUNIA - Kumpulan Materi
Breaking News
Loading...
Jumat, 06 April 2012

KETERGANTUNGAN ANTARNEGARA DALAM PEREKONOMIAN DUNIA

Dewasa ini, semakin terasa betapa pentingnya hubungan ekonomi antarnegara (internasional) hingga tidak ada satu negara pun yang dapat menjalankan sistem perekonomian terttutup atau subsisten. Perekonomian suatu negara semakin bergantung pada keadaan ekonomi dunia. Faktor-faktor yang mendorong timbulnya ketergantungan itu, antara lain sebagai berikut.


Kebutuhan yang Semakin Bertambah

Semakin maju suatu masyarakat, semakin banyak kebutuhannya dan semakin sulit untuk dipenuhi. Apalagi bila kebutuhan hanya dipenuhi dengan hasil produksi dalam negeri. Hal ini berlaku baik pada negara-negara yang tanahnya tandus.


Negara yang teknologinya maju bisa memproduksi barang sebanyak mungkin, lalu menjualnya ke negara lain. Tetapi, negara tersebut juga perlu membeli bahan-bahan produksi yang kebanyakan berasal dari negara berkembang. Sebaliknya, negara yang teknologinya balum maju perlu memanfaatkan teknologi dari negara maju untuk mempercepat pertumbuhan ekonominya.


Adanya Spesialisasi yang Bersifat Internasional

Perbedaan-perbedaan yang ada akan menimbulkan pembagian kerja dalam produksi. Misalnya, negara yang cocok untuk pertanian akan memproduksi pertanian, sedangkan negara yang tanahnya tandus lebih cocok mengembangkan teknologi industri. Ada spesialisasi dalam berproduksi barang ini mendorong timbulnya ketergantungan antarnegara. Misalnya, negara yang mengembangkan produksi pertanian bergantung pada negara yang menghasilkan mesin pertanian. Sebaliknya negara industri berat membutuhkan makanan dari negara pertanian.


Semakin Berkembangnya Kegiatan Perusahaan-perusahaan Multinasional (Multinasional Corporation)

Dewasa ini, kegiatan perusahaan besar banyak yang beroperasi di berbagai negara. Banyak perusahaan asing yang membuka cabang di negara lain. Demikian juga arus penanaman modal ke negara lain. Dengan semakin terbukanya suatu negara terhadap kegiatan ekonomi dari negara lain akan mengakibatkan hubungan ekonomi dengan luar negari semakin berkembang.





Sumber: Buku Ekonomi. Suyanto. Nurhadi

1 komentar:

  1. Cari Tiket Pesawat dan tiket kapal Online Super Cepat dan murah??
    http://selltiket.com
    Booking di SELLTIKET.COM aja!!!
    CEPAT,….TEPAT,….DAN HARGA TERJANGKAU!!!

    Ingin usaha menjadi agen tiket pesawat??
    Yang memiliki potensi penghasilan tanpa batas.
    Bergabung segera di http://agenselltiket.com

    INFO LEBIH LANJUT HUBUNGI:
    No handphone : 085372801819

    BalasHapus

Popular Posts

 
Toggle Footer