PENDEKATAN INTELIGENSI - Kumpulan Materi
Breaking News
Loading...
Senin, 23 April 2012

PENDEKATAN INTELIGENSI


Pendekatan Teori Belajar
Ahli teori belajar suatu perilaku inteligensi adalah perilaku yang berisi proses belajar pada level fungsional tingkat tinggi dan merupakan respon khusus terhadap tuntutan dari luar. Hal ini berarti adanya interaksi antar individu dengan lingkungannya dimana inteligensi dinilai dari kalayakan perilakunya dibandingkan dengan suatu kriteria luar yang berlaku sebagai norma relatif.

Pendekatan Neurobiologis
Perilaku inteligensi menurut pendekatan ini dapat ditelusuri dasar-dasar neuroanatomis dan proses neurofisiologis-nya. Oleh karena itu dalam berbagai riset selalu dipentingkan untuk melihat korelasi-korelasi inteligensi pada aspek-aspek anatomi atau fisiologis.

Pendekatan Psikometris
Inteligensi merupakan trait (sifat) psikologis yang berbeda-beda kadarnya bagi setiap orang namun dikarenakan ahli psikometris pada masalah pengukuran, maka mereka lebih mengutamakan perhatian mereka pada cara praktis untuk melakukan klasifikasi dan prediksi berdasarkan hasil pengukuran intelegensi daripada hakikat inteligensi itu sendiri. Sehingga pendekatan inilah yang melahirkan skala-skala yang kita pakai sekarang ini.

Pendekatan Teori Perkembangan
Studi inteligensi dipusatkan pada masalah perkembangan inteligensi secara kualitatif dalam kaitannya dengan tahap-tahap perkembangan biologis individu.




Sumber: MODUL MATA KULIAH TES INTELIGENSI DAN MINAT BAKAT. Hera Wahyuni, S.Psi, M.Psi. Psi. Program Studi Psikologi, Fakultas Ilmu Sosial dan Budaya, Universitas Trunojoyo

0 komentar:

Poskan Komentar

Popular Posts

 
Toggle Footer