APLIKASI KONSELING RASIONAL EMOTIF BEHAVIOR - Kumpulan Materi
Breaking News
Loading...
Jumat, 25 Mei 2012

APLIKASI KONSELING RASIONAL EMOTIF BEHAVIOR


REBT dapat diterapkan dalam berbagai macam konseling, termasuk di dalamnya adalah konseling individual, kelompok encounter marathon, tetapi singkat, terapi keluarga, terapi seks, dan situasi kelas.

Tentunya klien yang sangat cocok untuk REBT adalah klien yang mengalami kecemasan pada tingkat moderat, gangguan neurotic, gangguan karakter, problem psikosomatik, gangguan makan, ketidak mampuan dalam hal hubungan interpersonal, problem perkawinan, keterampilan dalam pengasuhan, adikasi, dan disfungsi seksual. Kesemuanya efektif dengan catatan tidak terlalu serius gangguannya.

Sejalan dengan pandangannya, REBT ini menggunakan pendekatan yang komprehensif dan intergratif, yang mencakup: penggunaan emotif, kognitif, dan behavioral. Ketiga aspek inilah yang hendak diubah melalui REBT.
Ellis (1991) mengakui bahwa REBT tidak diberikan kepada: (1) anak-anak, khususnya lagi yang mengalami autism, (2) gangguan mental grade bahwa, (3) skizofrenia jenis katatonik atau gangguan penarikan diri yang berat, dan (4) mania atau mania depresi.



Sumber: PSIKOLOGI KONSELING, Edisi Ketiga. Latipun.

0 komentar:

Poskan Komentar

Popular Posts

 
Toggle Footer