EL NINO DAN LA NINA - Kumpulan Materi
Breaking News
Loading...
Senin, 21 Mei 2012

EL NINO DAN LA NINA

09.41
El Nino
Kumpulan Materi Yang dimaksud El Nino adalah gejala gangguan iklim yang diakibatkan oleh naiknya suhu permukaan laut Samudera Pasifik sekitar khatulistiwa bagian tengah dan timur. Naiknya suhu di Samudera Pasifik ini mengakibatkan perubahan pola angin dan curah hujan yang ada di atasnya. Pada saat normal hujan banyak turun di Australia dan Indonesia, namun akibat El Nino ini hujan banyak turun di Samudera Pasifik sedangkan di Australia dan Indonesia menjadi kering.

La Nina
La Nina adalah gejala gangguan iklim yang diakibatkan suhu permukaan laut Samudera Pasifik dibandingkan dengan daerah sekitarnya. Akibat dari La Nina adalah hujan turun lebih banyak di Samudera Pasifik sebelah barat Australia dan Indonesia. Dengan demikian di daerah ini akan terjadi hujan lebat dan banjir di mana-mana.

Faktor Penyebab El Nino dan La Nina
Pada saat normal angin passat bertiup dari tekanan tinggi Sub Tropis (dari arah timur) menuju tekanan rendah ekuator (barat). Sehingga air hangat Samudera Pasifik berkumpul di pantai Utara Australia dan pantai Indonesia. Hal inilah yang mengakibatkan hujan di Australia dan Indonesia. Namun pada dua tahun sampai tujuh tahun sekali Angin Passat tersebut berubah arah. Yang semula dari arah timur ke barat berubah menjadi arah barat ke arah timur. Hal inilah mengakibatkan El Nino yaitu di Samudera Pasifik dan Indonesia berkurang curah hujan dari biasanya. Kemudian untuk La Nina terjadi karena angin passat bertiup dengan kencang dan terus menerus melewati Samudera Pasifik menuju Australia. Angin Passat ini akan mendorong lebih banyak air hangat di Samudera Pasifik menuju Australia Utara sehingga hujan hanyak turun di Samudera Pasifik Barat, Australia Utara dan Indonesia.



Sumber: Mimbar Aksi Geografi. Tim Geografi; Disusun Pengurus MGMP Geografi Kabupaten Gresik Periode 2007 – 2008.

48 komentar:

  1. sangat membantu...!!!! terima kasih

    BalasHapus
  2. amazinghttps://lh4.googleusercontent.com/-cguZVxYzR3o/T2WEZSgFvUI/AAAAAAAACas/nDJgr6YcuaI/s36/13.gif

    BalasHapus
  3. sangat membantu.!!! :]

    BalasHapus
  4. Eno Aulia Hapsari12 Maret 2014 pukul 19.23

    Terimakasih sangat membantuu :-) :d >)

    BalasHapus
  5. maturnuwun sudah berbagi ilmu :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalo mau liat arah angin, bisa dilihat di aplikasi android bernama Windity, atau langsung ke website resminya di www.windyty.com . Semoga bisa membantu.

      Hapus
    2. Kalo mau liat arah angin, bisa dilihat di aplikasi android bernama Windity, atau langsung ke website resminya di www.windyty.com . Semoga bisa membantu.

      Hapus
  6. Makasih ya~! ^^ :))
    Sangat membantu buat PR ku.. :-d

    BalasHapus
  7. Terimakasih infonya (y)

    BalasHapus
  8. bagus sih tp tolong diperhatiin lg itu yg La Nina adalah gejala gangguan iklim yang diakibatkan suhu permukaan laut Samudera Pasifik ...... dibandingkan dengan daerah sekitarnya.
    ada yg kurang tuh, hrsnya kalimatnya gmn?

    BalasHapus
  9. Bahaya juga El NINA, padahal namanya kek cewek cantik...

    BalasHapus
  10. El nina dan el nino sma" ganguan iklim di samudra pasifik yh gan ? juga sma" ganguan suhu ? :/ jdi bingung membedakan pengertiannya gan :) bDW thenks gan :) ini sangat membantu :)

    BalasHapus
  11. minta ya artikelnya coz lgi mainstrim nih

    BalasHapus
  12. om kenapa , di definisi el nino tertulis "Hujan banyak turun di Samudera Pasifik" namun di faktor penyebab El Nino tertulis "di Samudera Pasifik dan Indonesia berkurang curah hujan dari biasanya" mengapa teorinya berbeda padahal itu sama sama El Nino ???

    BalasHapus
    Balasan
    1. Itu kurang sebelah barat atau timurnya aja

      Hapus

Popular Posts

 
Toggle Footer