PENGETAHUAN AHLI DAN PENGETAHUAN PEDAGOSIS - Kumpulan Materi
Breaking News
Loading...
Senin, 21 Mei 2012

PENGETAHUAN AHLI DAN PENGETAHUAN PEDAGOSIS


Dalam materi sebelumnya sudah diterangkan perbedaan antara para ahli/pakar (expert) dan pemula (novices). Dalam mendefinisikan para ahli itu, kami menunjukkan bahwa dalam banyak kasus individu yang ahli dalam isi dari bidang pelajaran tertentu, seperti matematika atau biologi, tidak selalu bisa mengerjakannya dengan baik dan efektif kepada orang lain. Mari kita bahas apa yang diperlukan untuk menjadi guru yang ahli (expert teacher).

Pengetahuan ahli (Expert Knowledge) berarti pengetahuan yang unggul dalam isi atau materi pelajaran atau disiplin ilmu tertentu. Pengetahuan Isi pedagosis (pedagogical content knowledge) adalah pengetahuan tentang cara mengajarkan disiplin tertentu secara efektif (Shulman, 1987). Kedua macam pengetahuan ini sangat diperlukan agar kita bisa menjadi guru yang ahli. Guru yang ahli  tahu struktur disiplin ilmu dan pengetahuan ini member mereka kemampuan untuk menciptakan peta kognitif yang bisa dipakai sebagai pedoman untuk memberikan tugas pelajaran dalam member pertanyaan dan menilai jawaban murid (National Rearch Council, 1999). Menjadi guru yang ahli di pelajari tertentu juga membutuhkan pengetahuan tentang aspek mana dari suatu disiplin yang sulit atau mudah untuk dipelajari murid.

Dalam banyak kasus, strategi pengajaran yang efektif untuk dilakukan untuk semua mata pelajaran. Misalnya, guru yang baik dalam suatu mata pelajaran bisa mengajukan pertanyaan yang memunculkan rasa ingin tahu murid, mendorong murid untuk mendalami topik dan mendapatkan pemahaman yang lebih luas dan mendalam terhadap topik dan mendapatkan pemahaman yang lebih luas dan mendalam topic dan member perhatian kepada variasi individu dalam pembelajaran murid. Akan tetapi, hal lain yang dibutuhkan guru selain strategi pengajaran umum adalah pengetahuan isi pedagosis tentang cara mengajarkan suatu pelajaran umum adalah pengetahuan isi pedagosis tentang cara mengajarkan suatu pelajaran tertentu secara efektif untuk masing-masing mata pelajaran. Misalnya, membentuk klub buku yang efektif untuk membantu murid belajar membaca membutuhkan beberapa tipe pengetahuan isi pedagosis tersendiri, yang berbeda dengan cara untuk membantu dan mengungkapkan kesalahan konsep murid di bidang sains.



Sumber: Psikologi Pendidikan , edisi kedua. John W. Santrock, Universty of Texas-Dallas.

0 komentar:

Poskan Komentar

Popular Posts

 
Toggle Footer