MENINGKATKAN KEMAMPUAN MURID DALAM MEMECAHKAN MASALAH - Kumpulan Materi
Breaking News
Loading...
Senin, 07 Mei 2012

MENINGKATKAN KEMAMPUAN MURID DALAM MEMECAHKAN MASALAH

19.00

  1. Beri murid kesempatan luas untuk memecahkan problem dunia riil. Jadikan ini sebagai bagian dari pengajaran anda. Susunan problem yang relevan dengan kehidupan murid anda. Problem dunia riil sering disebut sebagai problem “autentik”, yang berbeda dengan problem buku ajar yang sering kali tidak ada maknanya bagi kehidupan murid. 
  2. Pantau apakah murid strategi pemecahkan murid efektif atau tidak. Selalu ingat empat langkah pemecahan problem saat anda member murid kesempatan untuk memecahkan problem. Juga, ingat rintangan pemecahan masalah, yakni fiksasi, bias, tidak termotivasi, dan tidak gigih. 
  3. Libatkan orang tua dalam pemecahan masalah anak. Program keterlibatan parental telah dikembangkan di University of California, Berkeley (Schauble dkk, 1996). Program ini dinamakan Family Math(Matematica Para La Familia, di Spanyol) dan membantu orang tua mengerjakan matematika bersama anak mereka secara positif dan suportif. Dalam program ini, kelas Family Math biasanya diajarkan pada level Grade(k-2, 3-5, dan 6-8). Banyak aktivitas matematika membutuhkan kerja tim dan komunikasi antara orang tua dan anak, yang kemudian bukan hanya lebih memahami matematika tetapi juga saling memahami satu sama lain. Program matematika ini telah membantu lebih dari 400.000 orang tua dan anak di AS. 
  4. Gunakan teknologi secara efektif. Bersemangatlah untuk menggabungkan program multimedia ke kelas anda. The adventures of Jasper Woodbury memuat banyak tema pemikiran dan pemecahan problem yang efektif. Program semacam itu dapat meningkatkan keterampilan murid anda dalam berfikir dan memecahkan masalah secara signifikan.

Sumber: Psikologi Pendidikan , edisi kedua. John W. Santrock, Universty of Texas-Dallas.

0 komentar:

Posting Komentar

Popular Posts

 
Toggle Footer