METODE-METODE ATAU ALAT-ALAT PENAKSIRAN/ASSESSMENT - Kumpulan Materi
Breaking News
Loading...
Selasa, 08 Mei 2012

METODE-METODE ATAU ALAT-ALAT PENAKSIRAN/ASSESSMENT


Salah satu cirri pusat penaksiran ialah digunakannya metode-metode assessment ganda. Selain tes-tes psikologik (tes kecakapan mental, inventori kepribadian, dan sebagainya), juga digunakan berbagai teknik simulasi seperti:

Management Business Game
Para assessee dibagi kedalam kelompok-kelompok kecil. Dalam satu kelompok, ada yang memainkan peran seorang manajer umum, manajer keuangan, manajer pemasaran, manajer produksi, dan manajer personalia. Mereka, dalam memimpin usaha mereka masing-masing, membuat perencanaan dan anggara tahunan. Para kelompok assessee saling bersaing. Setiap catur wulan, setiap kelompok mendapat hasil dari kegiatan mereka selama catur wulan itu. Berapa yang diproduksi, berapa yang terjual, dan berapa keuntungan/kerugian. Berdasarkan hasil-hasil tersebut setiap kelompok membuat, menyesuaikan anggaran dan perencanaannya. Catur-wulan berikutnya, mereka mendapatkan hasil-hasilnya lagi (hasil-hasil dari kelompok dihitung oleh “panitia” assessor). Demikian selanjutnya sampai berjalan “beberapa tahun”. Dalam kenyataan satu atau dua hari.

Leaderless Group Discussion dan Role Play
Para assessee dibagi dalam kelompok 6 orang. Setiap kelompok mendapat satu masalah untuk didiskusikan, tanpa ditetapkan adanya satu pemimpin diskusi. Masalah dan data yang diperlukan diberikan kepad mereka untuk dipelajari oleh masing-masing secara tersendiri (kira-kira setengah jam). Kemudian diskusi kelompok dimulai, lama satu jam.
Kelompok juga dapat menentukan masalahnya sendiri untuk didiskusikan. Bentuk lain dari diskusi kelompok ialah setiap anggota kelompok mendapat peran untuk dimainkan dalam diskusi kelompok. Misalnya, satu berperan sebagai manajer keungan, manajer produksi, manajer pemasaran, manajer penjualan, manajer sumber daya manusia, dan general manager. Lama waktu juga satu jam.

Iribasket Exercices
Kepada setiap assessee/peserta, yang berperan sebagaisorang manajer dari satu perusahaan, diberi satu tumpukan/basket/kotak surat masuk, yang berisi berbagai masalah dan data. Ada penting, ada yang tidak penting, ada yang relevan dan ada yang tidak relevan. Ada yang tidak penting, ada yang relevan dan ada yang tidak relevan. Berdasarkan surat-surat masuk tersebut assessee bertugas menyelesaikan masalah-masalah yang dapat ia tangkap dengan hanya menggunakan data-data yang terdapat dalam surat-surat masuk tersebut, dalam waktu satu jam.

Menulis Laporan dan Penyajian Lisan dari Laporan
Berdasarkan data-data (produksi, keuangan, pemasaran, personalia) setiap assessee diminta menulis laporan (satu jam) yang kemudian harus disampaikan secara lisan direksi. Kepada assessee diberi kesempatan untuk mempersiapkan bahan-bahan yang akan disajikan. Penyajian setangah jam.

Wawancara
Disamping itu semua, setiap assessee juga di wawancara (wawancara mendalam atau wawancara terfokus).


Sumber: Buku Psikologi Industri dan  Organisasi. Asher Sunyato Munandar. Penerbit universitas indonesia (UI. Press). 2008

0 komentar:

Poskan Komentar

Popular Posts

 
Toggle Footer