SUMBER DAYA TEKNOLOGI UNTUK MENINGKATKAN KESADARAN FENOLOGIS DAN KETERAMPILAN DECODING - Kumpulan Materi
Breaking News
Loading...
Kamis, 17 Mei 2012

SUMBER DAYA TEKNOLOGI UNTUK MENINGKATKAN KESADARAN FENOLOGIS DAN KETERAMPILAN DECODING


Dua sumber daya yang dapat dipakai untuk meningkatkan kesadaran fenologis dan keterampilan decoding adalah Read-Along Books dan Word Picker (Cognition dan Technology Group, Vanderbilt, 1997).

Read-Along Books adalah buku yang mudah dibaca dan irama untuk meningkatkan  kemampuan membaca anak  dalam mengasosiasikan suara dengan huruf. Versi computer dari buku ini adalah perangkat yang melafalkan kalimat dan kata. Setelah murid menjadi kompeten dalam keahlian ini, mereka dapat merekan cerita dengan suara mereka sendiri.

Word Picker adalah software membant murid menentukan pengejaan kata yang ingin mereka tulis berdasarkan pengetahuan suara huruf mereka. Saat anak membuat buku sendiri dalam format multimedia, mereka dapat mengklik Word Picker. Dengan menyusuri deretan kata, mereka dapat mencari kata yang dimulai dengan huruf yang sama dengan kata yang ingin mereka tulis. Kemudian mereka mengklik kata yang berbeda untuk mendengarkan suara pelafalannya dan mengamati kata itu dibagi menjadi suku kata. Saat mereka menemukan kata yang mereka inginkan, mereka mengetiknya.

Setelah murid menulis buku sendiri, mereka dapat membaca versi cetaknya di muka kelas. Read-Along Books dan Word Picker  adalah bagian dari Young Children’s Literacy Project di Vanderbit University. Versi terbaru paling tepat untuk grade 1. Direncanakan akan diluncurkan program untuk grade 3.

Membaca dan menulis juga dikombinasikan dalam program Writing to Read IBM untuk anak TK dan grade satu. Lima macam pembelajaran dikoordinasikan untuk menciptakan lingkunganpembelajaran aktif: komputer, jurnal kerja, mengetik/menulis, mendengarkan dan membuat kata.


Sumber: Psikologi Pendidikan , edisi kedua. John W. Santrock, Universty of Texas-Dallas

0 komentar:

Poskan Komentar

Popular Posts

 
Toggle Footer