Dua sumber daya yang dapat
dipakai untuk meningkatkan kesadaran fenologis dan keterampilan decoding adalah Read-Along Books dan Word
Picker (Cognition dan Technology Group, Vanderbilt, 1997).
Read-Along Books adalah buku yang mudah dibaca dan irama untuk meningkatkan kemampuan membaca anak dalam mengasosiasikan suara dengan huruf. Versi
computer dari buku ini adalah perangkat yang melafalkan kalimat dan kata. Setelah
murid menjadi kompeten dalam keahlian ini, mereka dapat merekan cerita dengan suara
mereka sendiri.
Word Picker adalah software membant
murid menentukan pengejaan kata yang ingin mereka tulis berdasarkan pengetahuan
suara huruf mereka. Saat anak membuat buku sendiri dalam format multimedia,
mereka dapat mengklik Word Picker. Dengan
menyusuri deretan kata, mereka dapat mencari kata yang dimulai dengan huruf
yang sama dengan kata yang ingin mereka tulis. Kemudian mereka mengklik kata
yang berbeda untuk mendengarkan suara pelafalannya dan mengamati kata itu
dibagi menjadi suku kata. Saat mereka menemukan kata yang mereka inginkan,
mereka mengetiknya.
Setelah murid menulis buku
sendiri, mereka dapat membaca versi cetaknya di muka kelas. Read-Along Books dan Word Picker adalah bagian dari Young Children’s Literacy
Project di Vanderbit University. Versi terbaru paling tepat untuk grade 1. Direncanakan akan diluncurkan
program untuk grade 3.
Membaca dan menulis juga
dikombinasikan dalam program Writing to
Read IBM untuk anak TK dan grade satu.
Lima macam pembelajaran dikoordinasikan untuk menciptakan lingkunganpembelajaran aktif: komputer, jurnal kerja, mengetik/menulis, mendengarkan dan
membuat kata.
Sumber: Psikologi Pendidikan , edisi kedua. John W.
Santrock, Universty of Texas-Dallas
0 komentar:
Posting Komentar