GANGGUAN – GANGGUAN PADA MATA - Kumpulan Materi
Breaking News
Loading...
Minggu, 28 Oktober 2012

GANGGUAN – GANGGUAN PADA MATA


Bila seseorang mampu melibatkan benda yang jauh dan dekat dengan jelas tanpa bantuan alat dapat disebut mata normal atau emetropi (emmetrop).. ada banyak orang yang penglihatannya tak normal, karena mengalami gangguan. Macam – macam gangguan pada penglihatan, antara lain adalah:

Miopi
Miopi merupakan rabun jauh atau tidak dapat melihat jauh. Gangguan ini disebabkan bila mata terlalu panjang atau lensa mata sangat cembung sehingga bayangan benda jatuh di depan bintik kuning. Mata miopi dapat dibantu dengan menggunakan kaca mata berlensa cekung (negatif).

Hipermetropi
Hipermetropi merupakan rabun dekat atau tak dapat melihat dekat. Gangguan ini terjadi karena bola mata terlalu pendek atau lensa mata terlalu pipih sehingga bayangan jatuh dibelakang bintik kuning. Untuk membantu penderita hipermetropi, digunakan kaca mata berlensa cembung, agar bayangan jatuh tepat pada bintik kuning.

Presbiopi
Presbiopi merupakan rabun jauh dan dekat. Gangguan ini pada umumnya diderita oleh orang yang sudah tua atau kira – kira berumur di atas 45 tahun. Hal ini dapat terjadi karena otot penggerak lensa mata telah mengendur sehingga daya akomodasinya berkurang. Agar penderita presbiopi dapat melihat dengan sempurna perlu dibantu dengan kaca mata berlensa rangkap, yaitu lensa cekung (negatif) di bagian atas dan lensa cembung (positif) di bagian bawah.

Rabun Senja atau Rabun Ayam
Penderita ini tidak dapat melihat benda pada malam hari atau dapat keadaan cahaya yang remang – remang. Gangguan ini disebabkan karena kekurangan vitamin A.

Buta Warna
Buta warna adalah kelainan pada penglihatan yang tidak dapat atau sulit membedakan warna tertentu yaitu merah, biru dan hijau. Buta warna bersifat menurun atau genetid, terutama menurun pada anak laki – laki.

Astigmatisme (mata silindris)
Astigmatisme adalah gangguan mata yang mengakibatkan penglihatan cenderung kabur. Hal ini dikarenakan bagian kornea mata tidak rata. Untuk mengatasi gangguan ini dapat digunakan kaca mata berbentuk silindris.

Katarak atau Bular Mata
Katarak merupakan gangguan penglihatan karena lensa mata keruh sehingga menghalangi masuknya cahaya pada selaput jala (retina). Penderita ini umumnya karena sudah tua (umur 55 tahun ke atas) dan dapat diatasi dengan operasi.




Sumber: Biologi. Sumarwan. Sumartini. Kusmayadi. Penerbit Erlangga. ( Hal 109 – 111)

0 komentar:

Poskan Komentar

Popular Posts

 
Toggle Footer