PENDIDIKAN BUKAN SEKEDAR SUBSEKTOR - Kumpulan Materi
Breaking News
Loading...
Jumat, 02 November 2012

PENDIDIKAN BUKAN SEKEDAR SUBSEKTOR


Dalam World Education (1980) dinyatakan bahwa pendidikan bukan hanya subsektor sebagaimana halnya industri dan pertanian, tetapi sebagai unsur yang mencakup atau meliputi semua elemen yang harus dipadaukan baik secara vertikal maupun horizontal ke dalam seluruh upaya pembangunan. Terpadu secara vertikal artinya meliputi semua jenjang pendidikan mulai dari pendidikan usia dini, pendidikan dasar, menengah dan tinggi, mulai masa kanak – kanak, remaja, pemuda, orang dewasa sampai usia lanjut harus tetap mempunyai peluang untuk memperoleh pendidikan. Terpadu secara horizontal maksudnya adalah bahwa pendidikan harus meliputi semua aspek kehidupan seperti pendidikan politik, kesadaran hukum, pertanian, industri, kesehatan, dan lain – lain. Pendidikan harus memberikan kemungkinan pada setiap orang untuk memperbaiki kualitas hidupnya di semua bidang kehidupan sehingga betul – betul menjadi warga negara yang berkualitas.

Pendidikan harus dipandang sebagai suatu konteks interdisiplin sebagai faktor pembangunan yang multideminsional di mana manusia menjadi tujuan sekaligus juga sebagai instrumen. Manusia sebagai tujuan pembangunan artinya manusia menjadi subjek didik yang harus ditingkatkan kualitasnya melalui pendidikan, sedangkan sebgai instrument maksudnya bahwa manusia menjadi pelaku pembangunan yang harus memiliki kemampuan tinggi untuk berpendapat dalam membangun bangsa dan negara.



Sumber: Pendidikan Nonformal, Dimensi dalam keaksaraan Fungsional, Pelatihan, dan Andragogi. Prof. H. M. Saleh Marzuki, M. Ed. (Hal. 87).

0 komentar:

Poskan Komentar

Popular Posts

 
Toggle Footer