PENGALAMAN KLIEN DALAM TERAPI ANALISIS TRANSAKSIONAL - Kumpulan Materi
Breaking News
Loading...
Minggu, 31 Maret 2013

PENGALAMAN KLIEN DALAM TERAPI ANALISIS TRANSAKSIONAL

Kumpulan MateriSalah satu prasyarat dasar untuk menjadi klien TA adalah memiliki kesanggupan dan kesediaan untuk memahami dan menerima suatu kontrak, terpai. Kontrak treitment berisi suatu pernyataan yang spesifik dan kongkret tentang saran-saran yang hendak dicapai oleh klien dan kriteria untuk menentukan bagaimana dan kapan sasaran-sasaran itu dicapai secara efektif. 

Harris (1967, hlm 85) mengungkapkan ketiga alasan yang menjadi penyebab orang0orang mendatangi terapi dan menginginkan perubahan sebagai berikut. 

  1. Yang pertama ialah mereka cukup menderita…. Mereka telah bermain dengan mesin-mesin judi yang sama demikian lama tanpa hasil sehingga akhirnya berniat untuk berhenti atau pindah kepada mesin-mesin yang lain. 
  2. Hal lain yang membuat orang-orang ingin berubah adalah suatu tipe keputusan yang lambat yang disebut perasaan bosan, atau kejenuhan. Apabila orang itu akhirnya bertanya “Jadi, bagaimana?” dia siap berubah. 
  3. Hal ketiga membuat orang-orang ingin berubah adalah penemuan yang mendadak bahwa mereka bisa berubah. 

Dalam terapi Analisis Transaksional ini Tujuannya adalah “membuat setiap orang yang menerima treatment menjadi ahli dalam menganalisa transaksi-transaksinya sendiri”. Peran klien adalah mempelajari dasar-dasar ego orang tua, ego orang dewasa, dan ego anak; kemudian klien bisa menggunakan kelompok AT untuk mengalami secara berbeda dari cara-caranya yang lama.


Sumber: Teori dan Praktek KONSELING & PSIKOTERAPI. Gerald Corey (Hal. 169 - 170)

1 komentar:

  1. wah, ternyata nyambung juga yah samaa kehidupan ini..
    nice..
    (c)

    BalasHapus

Popular Posts

 
Toggle Footer