DELINKUEN PSIKOPATIK - Kumpulan Materi
Breaking News
Loading...
Kamis, 17 April 2014

DELINKUEN PSIKOPATIK

Kumpulan Materi - Delinkuen psikopatik ini sedikit jumlahnya; akan tetapi dilihat dari kepentingan umum dan segi keamanan, mereka merupakan oknum kriminal yang peling berbahaya. Ciri tingkah – laku mereka ialah;

  1. Hamper seluruh anak delinkuen psikopatik ini berasal dan dibesarkan dalam lingkungan keluarga ekstrim, brutal, diliputi banyak pertikaian keluarga, berdisiplin keras namun tidak konsisten, dan selalu menyiakan anak – anaknya. Tak sedikit dari mereka berasal dari rumah yatim – piatu. Dalam lingkungan demikian mereka tidak pernah merasakan kehangatan, kasih sayang, dan relasi personal yang akrab degnan orang lain. Sebagai akibatnya, mereka tidak mampu menjalin relasi emosional yang akrab atau baik dengan orang lain.
  2. Mereka tidak mampu menyadari arti bersalah, berdosa atau melakukan pelanggaran. Karena itu sering meledak tidak terkendali.
  3. Bentuk kejahatannya majemuk, tergantung pada suasana hatinya yang kacau tidak diduga – duga. Mereka pada umumnya sangat agresif dan impulsive. Biasanya mereka residivis yang berulangkali keluar masuk penjara, dan sulit sekali diperbaiki.
  4. Mereka selalu gagal dalam menyadari dan menginternalisasikan norma – norma sosial yang umum berlaku. Juga tidak perduli terhadap norma subkultur gangnya sendiri.
  5. Acapkali mereka juga menderita gangguan neuorologis, sehingga mengurangi kemampuan untuk mengendalikan diri sendiri.

Psikopat itu merupakan bentuk kekalutan mental dengan ciri – ciri sebagai berikut; tidak memiliki pengorganisasian dan integrasi diri. Orangnya tidak pernah bertanggung jawab secara moral; dia selalu konflik dengan norma sosial dan hokum. Biasanya juga Immoral. Tingkah – laku dan relasi sosialnya selalu a-sosial, eksentrik kegila –gilaan, dan jelas tidak memiliki kesadaran sosial serta inteligensi sosial. Mereka sangat egoistis, fanatic, dan selalu menentang apa dan siapa pun juga. Sikapnya aneh, sangt kasar, kurang ajar, ganas buas terhadap siapa pn tnpa sebab sesuatu pun juga. Kata – katanya selalu menyakiti hati orang lain, perbuatannya sering ganas sadis, suka menyakiti jasmani orang lain tanpa motif apa pun juga. Karena itu remaja delinkuen yang psikopatik ini digolongkan ke dalam bentuk penjahat yang paling bahaya.






Sumber: Patolosi Sosial 2. KENAKANALAN REMAHA. Dr. Kartini Kartono. (Hal 53 -54)

0 komentar:

Poskan Komentar

Popular Posts

 
Toggle Footer