BENTUK – BENTUK ATAU MODEL – MODEL PSIKOTERAPI - Kumpulan Materi
Breaking News
Loading...
Selasa, 14 Juli 2015

BENTUK – BENTUK ATAU MODEL – MODEL PSIKOTERAPI

Kumpulan MateriNietzel (1998) mengemukakan bahwa psikoterapi dapat dilakukan secara invidual, dapat juga dilakukan dengan suatu orientasi sosial, yakni merupakan psikoterapi dalam kelompok (group therapy), bersama pasangan, atau bersama keluarga. Selain itu Nietzel juga mengemukakan bahwa intervensi klinis dapat mengambil bentuk sebagai kegiatan rehabilitas psikososial dan pencegahan.

Penekanan terapi kelompok adalah memahami gangguan dalam realsi interpersonal dan mengurangi gangguan itu dalam setting kelompok. Anggota terapi kelompok biasanya berkisar dari 5 sampai 10 anggota. Keunggulan terapi kelompok dibandingkan dengan terapi individual ialah bahwa anggota kelompok dianggap mewakili suatu lingkungan interpersonal dengan lebih baik daripada hanya satu orang terapis, sehingga dapat lebih menjamin perbaikan hubungan interpersonal. Bila pesertanya adalah suami – istri, atau sepasang calon suami – istri maka dinamakan terapi atau konseling perkawinan, bila pesertanya adalah seluruh keluarga, dinamakan terapi keluarga.

Selain itu ada rehabilitas psikososial yang bertujua untuk membantu mereka yang mengalami gangguan jiwa agar dapat menyesuaikan diri dengan keadaan sakitnya, agar dapat mencegah dampak yang lebih buruk dari gangguannya itu. Penyebab gangguan jiwa tidak saja faktor bilogis dan psikologi, namun juga interaksi antara individu itu dengan aspek ekonomik, sosial dan fisik dari lingkungannya. Pendekatan ini dinamakan juga pendekatan yang memperhatikan perspektif ekologis, yakni intervensi yang berusaha untuk mencocokkan individu dengan lingkungan spesifik yang mempunyai kemungkinan untuk meningkatkan penyesuaian diri mereka.







Sumber: Pengantar Psikologi Klinis. Suprapti Slamet I.S. – Sumarmo Markam (Hal 142 – 143)

0 komentar:

Poskan Komentar

Popular Posts

 
Toggle Footer