SIFAT – SIFAT BUDAYA - Kumpulan Materi
Breaking News
Loading...
Sabtu, 26 Agustus 2017

SIFAT – SIFAT BUDAYA

Kumpulan MateriKendati kebudayaan yang dimiliki oleh setiap masyarakat itu tidak sama, seperti di Indonesia yang terdiri atas berbagai macam suku bangsa yang berbeda, tetapi setiap kebudayaan mempunyai cirri atau sifat yang sama. Sifat tersebut bukan diartikan secara spesifik, melainkan bersifat universal. Di mana sifat – sifat budaya itu akan memiliki ciri – cirri yang sama bagi semua kebudayaan manusia tanpa membedakan factor ras, lingkungan alam, atau pendidian, yaitu sifat hakiki yang berlaku umum bagi semua budaya di mana pun.

Sifat hakiki dari kebudayaan tersebut sebagai berikut:

  1. Budaya terwujud dan tersalurkan dari perilaku manusia.
  2. Budaya telah ada terlebih dahulu daripada lahirnya suatu generasi tertentu atau tidak akan mati dengan habisnya usia generasi yang bersangkutan.
  3. Budaya diperlukan oleh manusia dan diwujudkan dalam tingkah lakunya.
  4. Budaya mencakup aturan – aturan yang berisikan kewajiban – kewajiban, tindakan – tindakan yang diterima dan ditolak, tindakan – tindakan yang dilarang, dan tindakan – tindakan yang diizinkan.





Sumber: Setiadi Elly M., Hakam Kama A., & Effendi Ridwan. (2006). Ilmu Sosial Budaya Dasar. Edisi ke-3. Jakarta: Prenadamedia Group. (Hal 34)

0 komentar:

Posting Komentar

Popular Posts

 
Toggle Footer