TOKSIKOMETRIK - Kumpulan Materi
Breaking News
Loading...
Rabu, 03 Januari 2018

TOKSIKOMETRIK

PENDAHULUAN

Kumpulan MateriSifat spesifik dan efek dari suatu paparan secara bersama-sama akan membentuk suatu hubungan yang lazim disebut sebagai hubungan dosis-respon. Hubungan dosis-respon tersebut merupakan konsep dasar dari toksikologi yang harus dimengerti dan didalami agar mudah untuk mempelajari bahan toksik.

Penggunaan hubungan dosis respon dalam toksikologi harus memperhatikan beberapa asumsi dasar. Asumsi dasar tersebut adalah respon bergantung pada cara masuk bahan dan respon berhubungan dengan dosis. Kedua asumsi dasar yang kelihatannya sederhana ini sering menimbulkan kesalahpahaman. Dengan demikian dibuat asumsi yang lebih mudah dipahami, yaitu adanya molekul atau reseptor pada tempat bersama bahan kimia berinteraksi dan menghasilkan suatu respon. Respon yang dihasilkan dan tingkat respon berhubungan dengan kadar agen pada daerah yang reaktif serta kadar pada tempat dapat digambarkan suatu grafik atau kurva hubungan dosis-respon yang memberikan asumsi (1) respon merupakan fungsi kadar pada tempat tersebut, (2) kadar pada tempat tersebut merupakan fungsi dari dosis, dan (3) dosis dan respon merupakan hubungan causal.

Pada kurva dosis-respon nampak informasi beberapa hubungan antara jumlah zat kimia sebagai dosis, organisme yang mendapatkan perlakuan dan setiap efek yang disebabkan oleh dosis tersebut. Toksikometrik merupakan istilah teknis untuk studi dosis-respon, yang dimaksudkan untuk mengkuantifikasi dosis-respon sebagai dasar ilmu toksikologi. Hasil akhir yang dihasilkan dari jenis studi ini adalah nilai Lethal Dose50 (LD50) untuk zat kimia.





Sumber: Mukono H. J. (2005). Toksikologi lingkungan. Surabaya: Airlangga University Press. (Hal. 28)

0 komentar:

Posting Komentar

Popular Posts

 
Toggle Footer