ANTI OKSIDAN - Kumpulan Materi
Breaking News
Loading...
Senin, 12 November 2018

ANTI OKSIDAN

Kumpulan MateriBahan polutan yang berasal dari lingkungan di luar tubuh dapat berupa bahan oksidan eksogen yang masuk ke dalam tubuh melalui saluran pernapasan. Bahan oksidan yan masuk ke dalam tubuh, dapat menghasilan oksidan endogen dan bersama dengan oksidan eksogen dapat menyebaban kelainan tubuh. Kelainan tubuh karena bahan oksidan dapat berupa kerusakan membran sel yang berakibat kerusakan sel, merusak DNA yang dapat menyebabkan mutasi gen dan merusak enzim yang berakibat kerusakan struktur sel. 

Secara garis besar antioksidan yang berada dalam saluran pernapasan khususnya pada paru adalah berupa enzim yang disebut sebagai pulmonary antioksidan enzyme (enzim antioksidan paru). Enzim tersebut adalah pertama, enzim katalase yang berada di endoplasmic reticulum dalam sel, pada pulmonary epithelium type II, pada clara cell, dan ada pula di dalam alveolar macrophage. Kedua, enzim glutathion peroksidase (GSH Px) yang berada di dalam erythrocyte (sel darah merah) dari ketiga, adalah enzim super oksid dismufase (SOD)

Antioksidan dapat pula berupa bahan kimia tertentu dan terbai menjadi: 

1. Anti oksidan tidak larut dalam air (nonwater soluble anti oxidant). Sebagai contoh adalah vit E, sebagai antioksidan bersifat lipophlic dan menghambat propagasi peroksidasi lipid. 

2. Antioksidan larut dalam air (water soluble antioxidant). Sebagai contoh adalah vit C, glutathion, dan asam urat. 

3. Bahan yang disebut sebaai Beta karoten. 






Sumber: Mukono H. J. (2005). Toksikologi lingkungan. Surabaya: Airlangga University Press. (Hal. 75)

0 komentar:

Posting Komentar

Popular Posts

 
Toggle Footer