KLASIFIKASI PETANDA BIOLOGIS SUATU PAPARAN - Kumpulan Materi
Breaking News
Loading...
Sabtu, 05 Oktober 2019

KLASIFIKASI PETANDA BIOLOGIS SUATU PAPARAN

Kumpulan MateriPetanda biologis dapat diklasifikasikan dalam kategori yang berurutan mulai dari terjadinya paparan sampai terjadinya penyakit, termasuk petanda dari dosis internal, dosis biologi efektif, respons biologi, perubahan struktur dan fungsi serta penyakit, yang kesemuanya itu dipengaruhi oleh faktor kepekaan dari tubuh. 
 


Petanda biologis suatu paparan dapat merupakan petanda kualitatif maupun kuantitatif dari dosis internal maupun dosis biologis efektif. Petanda biologis dosis internal menunjukkan adanya bahan kimia eksogen, baik dalam bentuk tetap ataupun hasil metaboliknya dalam tubuh individu, terutama yang disimpan dalam jaringan lemak. 

Petanda biologis dosis efektif meunjukkan jumlah bahan kimia yang diabsorpsi dan berinteraksi dengan bahan subseluler, sehingga dapat diukur pada jaringan target atau jaringan di sekitarnya. Petanda biologis dosis efektif ini akan diikuti dengan respons biologis tahap awal, yang menandai perubahan biologi atau biokimia dalam jaringan sasaran akibat ulah bahan kimia. Contoh petanda biologis dosis efektif adalah iDNA-adducts dan protein adducts. Deocyribo Nucleic Acid (DNA)-adductsmerupakan bahan kimia yang terikat secara kovalen dengan basa nuleotida gunainin dan dapat terjadi di berbagai jaringan seperti paru, kandungan kencing, plasenta atau sel darah putih. Paparan asap rokok maupun emisi batu bara dapat menimbulan DNA-adducts. Protein adducts timbul akibat terjadinya ikatan kimia kovalen dari suatu bahan kimia terhadap protein. Misalnya etilen oksida yang dipakai untuk sterilisasi peralatan rumah sakit, dapat terikat secara kovalen dengan asam amino histidin pada hemoglobin atau sel darah merah. 



Petanda respons biologi menunjukkan proses yang lebih lanjut dan sangat potensial untuk terjadinya kerusakan pada organisme 

Petanda yang terakhir adalah penyakit. Petanda pada kategori ini sering kali dipergunakan untuk skrining suatu penyakit. Definisi petanda penyakit adalah indicator yang dapat diukur dari keadaan biologi dan biokimia pada tahap awal dari penyakit atau manifestasi dari penyakitnya sendiri. Indicator ini dapat dipakai sebagai variable tergantung dalam penelitian hubungan paparan dan penyakit. 

Petanda lain yang tidak termasuk dalam spectrum dari paparan sampai terjadinya penyakit, tetapi sangat penting dalam setiap tahap adalah kepekaan. Ini merupakan indikator faktor genetik atau perolehan yang dapat diukur, yang telah ada sebelumnya terjadinya paparan dan memepengaruhi kemungkinan terjaidnya penyakit akibat paparan. 

 




Sumber: Mukono H. J. (2005). Toksikologi lingkungan. Surabaya: Airlangga University Press. (Hal. 110-112).

1 komentar:

  1. Untuk mempermudah kamu bermain guys www.fanspoker.com menghadirkan 6 permainan hanya dalam 1 ID 1 APLIKASI guys,,,
    dimana lagi kalau bukan di www.fanspoker.com
    WA : +855964283802 || LINE : +855964283802 ||

    BalasHapus

Popular Posts

 
Toggle Footer