PERTUMBUHAN DAN PERKEMBANGAN PADA TUMBUHAN - Kumpulan Materi
Breaking News
Loading...
Kamis, 09 Februari 2012

PERTUMBUHAN DAN PERKEMBANGAN PADA TUMBUHAN

 Biji kacang yang ditanam pada madia yang memenuhi syarat untuk pertumbuhan, akan mengalami perubahan. Biji kacang akan bertunas, dan semakin lama semakin tinggi dan besar. Demikian pula dengan berbagai jenis tumbuhan lainnya mereka akan mengalami pertumbuhan selama hidupnya.

Pada pertumbuhan tumbuhan, pemebelahan sel terutama terjadi di daerah jaringan meristem. Sebagian besar merisistem terdapat di ujung akar dan ujung batang, yang disebut merisistem apikal.

Saat tumbuhan muda pertama tumbuh, akar dan batangnya tumbuh memanjang. Pertumbuhan ini disebut pertumbuhan primer. Beberapa tumbuhan, seperti pohon berkayu, mempunyai batang dan akar yang tumbuh menebal. Pertumbuhan ini disebut pertumbuhan sekunder.untuk mengukur kecepatan pada tumbuhan digunakan alat yang disebut busur tumbuh atau auksanometer. Perkembangan pada tumbuhan biji yang berkembang biak secara kawin, diawali semenjak sel zigot. Sel zigot berkembang menjadi embrio, kemudian menjadi individu yang mempunyai akar, batang dan daun. Setelah mencapai masa tertentu, tumbuhan akan berbunga dan menghasilkan biji. Proses perubahan bentuk dan fungsi sel-sel yang berasal dari satu sel zigot hingga terbentuk organ akar, batang, dan daun merupakan proses perkembangan pada tumbuhan.

Tumbuhan tumbuh menjadi kecil menjadi besar, dan dalam pertumbuhan tersebut sel-selnya mengalami perkembangan hingga terbentuk organ-organ yang mempunyai struktur dan fungsi yang berbeda.

Faktor-faktor yang mempengaruhi perkembangan dan pertumbuhan pada tumbuhan

Gen

Mengapa rumput manila lebih pendek dibandingkan rumput ilalang walaupun umurnya sama? Ukuran dan bentuk tubuh tumbuhan dipengaruhi oleh gen-gen yang terdapat di dalam kromosom. Kromosm terdapat di dalam inti sel. Gen-gen tersebut diturunkan oleh induk dan mengatur pola pertumbuhan tubuh tumbuhan. Itulah sebabnya mengapa kecepatan pertumbuhan tanaman yang satu dapat berbeda dengan jenis tanaman lainnya.

Hormon

Hormon merupakan zat kimia yang dibuat oleh tumbuhan dan berfungsi mengatur proses pertumbuhan. Hormon ini sering disebut sebagai zat tumbuhan. Hormon tumbuhan yang telah dikenal antara lain auksin, sitokinin, dan giberilin.

1.    Auksin

Auksin dihasilkan oleh tumbuhan pada bagian ujung batang (tunas), daun muda, bunga, buah, dan ujung akar. Pengaruh auksin terhadap pertumbuhan dan perkembangan tumbuhan antara lain:

a. Merangsang pertumbuhan akar samping (lateral) dan akar serabut.

b. Merangsang perpanjangan sel-sel batang dan menghambat perpanjangan sel –sel akar.

c. Merangsang pembentukan bunga dan buah.

d. Mempercepat kegiatan pembelahan sel pada titik tumbuh.

Auksin yang terdapat dibagian ujung batang (meristem apikal) dapat mengambat pertumbuhan cabang samping. Keadaan ini disebut dominasi apikal. Oleh karena itu tumbuhan dapat tumbuh tinggi dan lurus. Ada perbedaan antara pertumbuhan tumbuhan yang dipotogn ujung tunasnya dengan yang dibiarkan. Tumbuhan yang dipotong tunasnya akan tidak bisa tumbuh secara sempurna dan terhenti karena tunasnya dipotong, sedangkan tumbuhan yang dibiarkan tunasnya, akan tumbuha semakin tinggi dan pertumbuhannya lebih baik.

2.   Sitokinin

Sitokinin dihasilkan oleh tumbuhan pada bagian akar dan diangkut ke organ lainnya. Pengaruh sitokinin dan diangkut ke organ lainnya. Pengaruh sitokinin terhadap pertumbuhan dan perkembangan tumbuhan antara lain:

a. Mempengaruhi pertumbuhan akar.

0 komentar:

Posting Komentar

Popular Posts

 
Toggle Footer