ALASAN ORANG UNTUK MENAHAN UANG TUNAI - Kumpulan Materi
Breaking News
Loading...
Sabtu, 31 Maret 2012

ALASAN ORANG UNTUK MENAHAN UANG TUNAI

Dalam kehidupan sehari-hari, banyak dijumpai orang yang menyimpan/menahan uang tunai. Tentu saja penyimpanan uang tersebut beralasan. Menurut John Maynard Keynes (seorang ahli ekonomi Inggris), ada tiga alasan/motif masyarakat menahan uang tunai, yaitu motif transaksi, motif berjaga-jaga, dan motif spekulasi.

Motif Transaksi (transaction motive)
Misalnya, Ibu rumah tangga ingin menyisihkan uang untuk keperluan pembelian beras danbahan makanan lain yang diperlukan setiap hari. Jika suaminya sebagai pegawai (karyawan) menerima gaji setiap bulan, maka gaji suaminya tidak langsung dihabiskan pada saat menerima gaji tersebut. Orang tua kalian akan menyisihkan uang sampai akhir bulan tersebut merupakan contoh menahan uang tunai dengan alasan untuk transaksi.






Motif Berjaga-jaga (precautionary motive)
Dalam kehidupan sehari-hari, orang sering dihadapkan pada hal-hal yang tidak pasti dan tidak dapat diramalkan sebelumnya. Banyak hal yang akan harus dibayar yang tidak diduga sebelumnya. Misalnya. Ban sepeda yang secara tiba-tiba bocor di jalan sehingga harus dikeluarkan biaya untuk menambal ban. Apakah kita bisa memastikan bahwa besok pagi ban sepeda ini tidak akan bocor lagi saat digunakan? Tentu tidak bisa. Oleh karena itu, kita perlu membawa uang untuk bejaga-jaga. Demikian pula orang tua kita. Mereka juga menyimpan uang untuk berjaga-jaga , siapa tahu di antara anggota keluarga ada yang sakit, kecelakaan, kehilangan sepatu sehingga harus membeli yang baru, dan sebagainya.

Motif Spekulasi (speculative motive)
Ada kalanya orang menahan uang tunai untuk berspekulasi, yaitu dengan maksud mencari laba. Orang yang berdagang surat-surat berharga (saham dan obligasi) sering menahan uang tunai untuk memperoleh keuntungan. Apabila harga surat berharga rendah, mereka membeli surat-surat berharga tersebut dan apabila harga surat berharga tinggi, maka mereka aka menjualnya. Apabila harga surat berharga rendah, maka mereka akan membeli surat berharga lagi, begitu seterusnya. Dengan melakukan kegiatan ini, mereka mendapatkan untung. Karena naik turunnya harga surat berharga tersebut sulit diterka maka kegiatan menahan uang tunai tersebut juga bersifat untung-untungan. Jika bernasib baik dan beruntung, untung bisa bisa didapatkan.

Sumber: Buku Ekonomi. Suyanto. Nurhadi

1 komentar:

  1. Cari Tiket Pesawat dan tiket kapal Online Super Cepat dan murah??
    http://selltiket.com
    Booking di SELLTIKET.COM aja!!!
    CEPAT,….TEPAT,….DAN HARGA TERJANGKAU!!!

    Ingin usaha menjadi agen tiket pesawat??
    Yang memiliki potensi penghasilan tanpa batas.
    Bergabung segera di http://agenselltiket.com

    INFO LEBIH LANJUT HUBUNGI:
    No handphone : 085372801819

    BalasHapus

Popular Posts

 
Toggle Footer