MANFAAT TABUNGAN UNTUK PEMBANGUNAN - Kumpulan Materi
Breaking News
Loading...
Minggu, 25 Maret 2012

MANFAAT TABUNGAN UNTUK PEMBANGUNAN

Kecil menabung, tua beruntung”. Ungkapan ini perlu kita renungkan dan laksanakan. Mengapa? Sebab kalau seseorang giat menabung, maka bila kelak ia membutuhkan sesuatu yang sangat penting, dia tidak akan kesulitan. Tabungan bisa diambil. Sebaliknya, jika seseorang tidak memiliki tabungan, maka jika suatu saat dia memerlukan sesuatu yang sangat mendesak untuk dipenuhi, dia akan kesulitan.

Menabung dapat kita artikan sebagai kegiatan menyisihkan sebagian dari penghasilan untuk disimpan (Dalam pembahasan ini tabungan itu kita anggap disimpan di bank). Manabung adalah suatu keiasaan yang baik dan bermanfaat, baik untuk diri sendiri maupun untuk pembangunan pada umumnya.

Manfaat Manabung Untuk Diri Sendiri
Hidup hemat
Hidup hemat berarti menyesuaikan pengeluaran dengan kebutuhan. Atau dengan kata lain, menghindari pembelian/pengeluaran yang tidak bermanfaat.

Keamanan
Dengan menabung/menyimpan uang di bank, simpenabung akan terhindar dari kehilangan, pencurian/perampokan, atau musibah kebakaran.



Bekal di kemudian hari
Misalnya bila ada kebutuhan yang mendesak untuk dipenuhi, atau bila ada kebutuhan yang memerlukan dana besar seperti untuk membangun rumah, membeli mobil, atau biaya sekolah.

Penghasilan
Dengan menyimpan/menabung di bank, sipenabung akan memperoleh imbalan jasa, yang disebut bunga uang dari bank.

Manfaat Menabung Untuk Pembangunan
Fungsi bank adalah menghimpun dana dari masyarakat dan menyalurkannya ke masyarakat. Uang yang disimpan di bank yang berasal (dihimpun) dari masyarakat penabung, oleh bank dapat dipinjamkan ke para pengusaha atau perusahaan-perusahaan untuk menabung usaha baru atau untuk memperluas usaha yang sudah ada. Dengan kata lain, tabungan masyarakat itu akan digunakan menjadi modal oleh para pengusaha untuk meningkatkan produksi. Usaha baru atau perluasan usaha yang sudah ada ini tentu membuka lapangan kerja (menyerap tenaga kerja) dan sekaligus meningkatkan produksi. Semakin banyak lapangan kerja yang terbuka dan semakin tinggi jumlah produksi akan membuata masyarakat atau negara semakin makmur.



Sumber: Buku Ekonomi. Suyanto. Nurhadi

1 komentar:

  1. Cari Tiket Pesawat dan tiket kapal Online Super Cepat dan murah??
    http://selltiket.com
    Booking di SELLTIKET.COM aja!!!
    CEPAT,….TEPAT,….DAN HARGA TERJANGKAU!!!

    Ingin usaha menjadi agen tiket pesawat??
    Yang memiliki potensi penghasilan tanpa batas.
    Bergabung segera di http://agenselltiket.com

    INFO LEBIH LANJUT HUBUNGI:
    No handphone : 085372801819

    BalasHapus

Popular Posts

 
Toggle Footer