SOAL-SOAL PEMBELAJARAN DI KELAS (TEORI PENGELOLAHAN INFORMASI) - Kumpulan Materi
Breaking News
Loading...
Jumat, 23 Maret 2012

SOAL-SOAL PEMBELAJARAN DI KELAS (TEORI PENGELOLAHAN INFORMASI)

Soal-soal pelajaran di kelas yang disebut-sebut teori pengelolahan informasi ialah yang ada kaitannya secara langsung dengan proses kognitif.Ciri Si Belajar. Dalam pengelolahan belajara di kelas, ciri-ciri siswa yang penting ialah perbedaan perseorangan, kesiapan untuk belajar, dan motivasi. Dari tiga hal ini, konsep perbedaan perseorangan diperhatikan secara langsung bekenaan dengan belajar memecahkan masalah berbeda dalam dua hal. Yang pertama ialah dasar pengetahuan yang dibawa masing-masing dalam situasi masalah (Greeno, 1980). Orang yang ahli membawa pengetahuan yang luas yang menyebabkan perbedaan kedua antara dua kelompok itu. Perbedaan ini ialah dalam hal masalah sebagai suatu contoh yang sudah ahli menyatakan masalah sebagai suatu contoh yang sudah ahli menyatakan masalah seabagai suatu contoh yang sudah dikenalnya atau model dan kemudian berlanjutan untuk melaksanakan pemecahan. Orang yang baru, sebaiknya, jalannya dalam memecahkan masalah pelan, menggunakan baok subtujuan maupun cara coba-coba. Perbedaan antara permainan catur yang ahli dan yang baru belajar juga mencakup banyaknya dan caranya informasi tentang pola permainan catur disimpan di dalam memori.


Proses Kognitif dan Pembelajaran, Teori pengolah informasi memberikan perspektif baru pada pengelolahan pembelajaran belajar yang efektif. Meskipun teori-teori ini tidak secara langsung menggarap isu tentang alih belajar dan belajar keterampilan “bagaimana caranya belajar” dikenal juga beberapa langkah penting dalam pemerolehan pengetahuan yang mempunyai pengaruh pada retensi dan karena itu ada hubungannya dengan alih belajar.

Mengajarkan Pemecahan Masalah. Para penelitian terus berupaya menemukan model yang dapat diterapkan pada bidang yang luas. Tetapi, telah dikemukakan siasat untuk menghadapi jenis-jenis masalah yang disebut pengaturan, logika, transformasi, hibrida, dan problem hibrida terbuka atau yang strukturnya kurang baik. Dalam belajar memecahkan masalah (yaitu, memahami masalah dengan tujuan dan pembatasannya). Penelitian dalam kecerdasan buatan bisa mengungkapkan siasat lebih khusus yang dapat dilaksanakan untuk memperbaiki keefektifan dan efisiensi pemecahan masalah.

Konteks Sosial untuk Belajar. Teori-teori penglolahan informasi yang telah dipelajari untuk memecahkan masalah. Meskipun banyak dari belajar ini terjadi dalam lingkungan sosial, teori-teori ini belum membicarakan pengaruh lingkungan itu pada proses kognitif.


Sumber: Buku Belajar dan Membelajarkan. Margaret E. Bell Gredler.

1 komentar:

  1. Cari Tiket Pesawat dan tiket kapal Online Super Cepat dan murah??
    http://selltiket.com
    Booking di SELLTIKET.COM aja!!!
    CEPAT,….TEPAT,….DAN HARGA TERJANGKAU!!!

    Ingin usaha menjadi agen tiket pesawat??
    Yang memiliki potensi penghasilan tanpa batas.
    Bergabung segera di http://agenselltiket.com

    INFO LEBIH LANJUT HUBUNGI:
    No handphone : 085372801819

    BalasHapus

Popular Posts

 
Toggle Footer