Soal-soal
pelajaran di kelas yang disebut-sebut teori pengelolahan informasi
ialah yang ada kaitannya secara langsung dengan proses kognitif.Ciri
Si Belajar. Dalam pengelolahan
belajara di kelas, ciri-ciri siswa yang penting ialah perbedaan
perseorangan, kesiapan untuk belajar, dan motivasi. Dari tiga hal
ini, konsep perbedaan perseorangan diperhatikan secara langsung
bekenaan dengan belajar memecahkan masalah berbeda dalam dua hal.
Yang pertama ialah dasar pengetahuan yang dibawa masing-masing dalam
situasi masalah (Greeno, 1980). Orang yang ahli membawa pengetahuan
yang luas yang menyebabkan perbedaan kedua antara dua kelompok itu.
Perbedaan ini ialah dalam hal masalah sebagai suatu contoh yang sudah
ahli menyatakan masalah sebagai suatu contoh yang sudah ahli
menyatakan masalah seabagai suatu contoh yang sudah dikenalnya atau
model dan kemudian berlanjutan untuk melaksanakan pemecahan. Orang
yang baru, sebaiknya, jalannya dalam memecahkan masalah pelan,
menggunakan baok subtujuan maupun cara coba-coba. Perbedaan antara
permainan catur yang ahli dan yang baru belajar juga mencakup
banyaknya dan caranya informasi tentang pola permainan catur disimpan
di dalam memori.
Proses
Kognitif dan Pembelajaran, Teori
pengolah informasi memberikan perspektif baru pada pengelolahan
pembelajaran belajar yang efektif. Meskipun teori-teori ini tidak
secara langsung menggarap isu tentang alih belajar dan belajar
keterampilan “bagaimana caranya belajar” dikenal juga beberapa
langkah penting dalam pemerolehan pengetahuan yang mempunyai pengaruh
pada retensi dan karena itu ada hubungannya dengan alih belajar.
Mengajarkan
Pemecahan Masalah. Para
penelitian terus berupaya menemukan model yang dapat diterapkan pada
bidang yang luas. Tetapi, telah dikemukakan siasat untuk menghadapi
jenis-jenis masalah yang disebut pengaturan, logika, transformasi,
hibrida, dan problem hibrida terbuka atau yang strukturnya kurang
baik. Dalam belajar memecahkan masalah (yaitu, memahami masalah
dengan tujuan dan pembatasannya). Penelitian dalam kecerdasan buatan
bisa mengungkapkan siasat lebih khusus yang dapat dilaksanakan untuk
memperbaiki keefektifan dan efisiensi pemecahan masalah.
Konteks
Sosial untuk Belajar. Teori-teori
penglolahan informasi yang telah dipelajari untuk memecahkan masalah.
Meskipun banyak dari belajar ini terjadi dalam lingkungan sosial,
teori-teori ini belum membicarakan pengaruh lingkungan itu pada
proses kognitif.
Sumber:
Buku Belajar dan
Membelajarkan. Margaret E. Bell Gredler.
0 komentar:
Posting Komentar