TANDA-TANDA KEPRIBADIAN YANG SEHAT DAN YANG KURANG SEHAT - Kumpulan Materi
Breaking News
Loading...
Kamis, 29 Maret 2012

TANDA-TANDA KEPRIBADIAN YANG SEHAT DAN YANG KURANG SEHAT

TANDA-TANDA KEPRIBADIAN YANG SEHAT
  1. Kepercayaan mendalam pada diri sendiri dan orang lain. Kepercayaan pada dunia luar ini dipupuk sejak masih kecil dalam asuhan ibu. Anak yang terlalu cepat dilepaskan dari air susu ibu akan kurang mempunyai kepercayaan pada diri sendiri dan pada dunia. Apabila tiba masanya anak itu lepas dari air susu ibu, ia memerlukan kemesraan dalam bentuk lain. Kepercayaan itu menjadi lebih luas lagi, ditujukan kepada ayah kakek, nenek, guru, tradisi, agama.
  2. Tidak ragu-ragu, tidak pemalu, tetapi berani. Harus dapat berdiri sendiri tanpa meminta orang lain. Apakah seseorang memperoleh otonomi beragantung juga kepada ayah ibunya; yaitu apakah mereka dapat mempertahankan diri terhadap kekuasaan orang lain, termasuk para pejabat pemerintahan, atau menjadi boneka di tangan orang-orang kuat.
  3. Inisiatif berkembang dan tidak selalu merasa dirinya bersalah atau berdosa. Yang dapat mematikan inisiatif adalah suara hati yang selalu merasa bersalah. Karena itu, berilah kesempatan kepasa remaja untuk mengerjakan pekerjaan yang menuntut tanggung jawab walaupun pada mulanya ia melakukan banyak kesalahan.
  4. Tidak merasa minder, tetapi mempunyai semangat kerja. Pujian yang tidak wajar dan teguran-teguran yang terlalu sering, bisa mematikan semangat kerja. Harga diri akan timbul dari prestasi kerja yang nyata.
  5. Bersikap jujur terhadap diri sendiri. Berani melihat dengan sadar akan kekurangan diri sendiri. Bahkan, ia dapat memandang kekurangan-kekurangannya dengan rasa humor.
  6. Mampu berdedikasi-penyerahan diri sendiri. Jangan disamakan dengan sikap “mengalah” yang tidak pada tempatnya, sehingga mudah ditindas oleh orang lain dan tidak mempunyai kekuatan untuk mempertahankan diri.
  7. Senang kontak (berhubungan) dengan orang sesama. Kemampuan berkontak dinyatakan dalam tukar pikiran, membuka diri, diimbangi dengan kemampuan untuk menutup diri dan menjaga rahasia.
  8. Generatifitas (kebapak-ibuan). Melanjutkan keturunan, dalam arti jasmani dan rohani. Dalam arti rohani, misalnya seorang guru yang mempunyai anak didik. Generativitas merupakan suatu kesenangan menghadapi masa depan.
  9. Inteligritas, yakni (1) mempunyai kontinuitas dalam hidupnya; masa lampau tak disangkal, dan dengan gairah memandang masa depan; (2) kesanggupan untuk memperjuangkan nilai-nilai hidup yang nyata; bukan seorang penjual diri, oportunis, pengkhianat; (3) berani memimpin/bertanggung jawab; berani menanggung risiko, mempunyai jiwa kepemimpinan;hidup dianggap sebagai tantangan.
Tanda-tanda kepribadian yang kurang sehat
  1. Tak mampu melakukan persahabatan, mengisolasikan diri.
  2. Daya konsentrasi buyar; ketekunan dalam pekerjaan hancur, terlalu banyak melamun.
  3. Penyangkalan terhadap nama, asal usul, suku bangsa, masa lampau, dan sebagainya.
  4. Tak mampu memperjuangkan diri, bahkan kadang-kadang timbul keinginan mengakhiri hidup, bermain dengan kebosanan hidup.
  5. Sifat ingin membahas dendam, bereaksi terlalu radikal terhadap orang lain maupun dirinya sendiri; tidak mengakui dan tidak menerima masa lampaunya, lalu mau mengubah diri secara sangat radikal (identitas negatif).


Sumber: Buku Psikologi Umum. Drs. Alex Sobur, M. Si.

1 komentar:

  1. Cari Tiket Pesawat dan tiket kapal Online Super Cepat dan murah??
    http://selltiket.com
    Booking di SELLTIKET.COM aja!!!
    CEPAT,….TEPAT,….DAN HARGA TERJANGKAU!!!

    Ingin usaha menjadi agen tiket pesawat??
    Yang memiliki potensi penghasilan tanpa batas.
    Bergabung segera di http://agenselltiket.com

    INFO LEBIH LANJUT HUBUNGI:
    No handphone : 085372801819

    BalasHapus

Popular Posts

 
Toggle Footer