BENTANG ALAM HASIL PENGIKISAN - Kumpulan Materi
Breaking News
Loading...
Selasa, 12 Juni 2012

BENTANG ALAM HASIL PENGIKISAN


Pengikisan adalah suatu proses terkikisnya batuan yang berada di atas atau didalam kulit bumi yang dilakukan oleh tenaga yang berasal dari luar kulit bumi yang dilakukan oleh tenaga yang berasal dari luar kulit bumi. Tenaga yang berasal dari luar kulit bumi itu antara lain ialah air (hujan, sungai, dan laut) pasir yang ditiup angin  dan Gletsyer (es mencair). Macam-macam pengikisan batuan dan bentuk muka bumi yang dapat dihasilkan:
  1. Erosi adalah pengikisan batuan yang dilakukan oleh air hujan atau air sungai. Contoh proses terbentuknya sungai meander, danau Tpal Kaki Kuda (Ox Bow Lake), lembah, ngarai dan jurang.
  2. Korasi adalah pengikisan oleh air hujan yang terdapat di daerah yang tersususn atas batuan kapur. Contoh: proses terbentuknya Danau Karst “Lokwa/Doline (danau di daerah kapur) dan Goa Kapur.
  3. Abrasi adalah pengikisan batuan yang dilakukan oleh air laut. Contoh: apabila pada suatu pantai terdapat suatu bukit atau pegunungan, maka ombak laut selalu memukul-mukul pantai itu, sehingga terjadi pengkisan terhadap batu-batu itu dan akhirnya terbentuklan pantai yang bertebing (Pantai Curam).
  4. Korasi adalah pengikisan batuan yang dilakukan oleh butir-butir pasir yang ditiup oleh angin. Sedangkan proses terbawanya pasir yang ditiup oleh angin disebut deflasi. Contoh: proses terbentuknya Mushrom (batu jamur) di daerah gurun.
  5. Eksarasi adalah pengkisan batuan yang dilakukan oleh gietsyar (es mencair) di daerah es. Contoh: proses terbentuknya danau glasial di daerah USA pada zaman es mencair.



Sumber: Mimbar Aksi Geografi. Tim Geografi; Disusun Pengurus MGMP Geografi Kabupaten Gresik Periode 2007 – 2008.

0 komentar:

Poskan Komentar

Popular Posts

 
Toggle Footer