JENIS-JENIS ORGANISASI - Kumpulan Materi
Breaking News
Loading...
Jumat, 08 Juni 2012

JENIS-JENIS ORGANISASI



Tosi, Rizzo, Carroll membedakan empat jenis generic organisasi, yaitu (1) Organisasi Mekanistik (OM), (2) Organisasi Organik (OO), (3) Organisasi Campuran dengan Dominansi Teknologi (OC-DT), (4) Organisasi Campuran dengan Dominasi Pasar (OC-DP). Hubungan dasar dari keempat jenis organisasi dengan lingkungan adalah sebagai berikut.

Organisasi mekanistik dapat berfungsi baik dalam lingkungan yang baik teknologinya mampu pasarnya stabil. Organisasi organik berfungsi baik dalam lingkungan yang baik teknologinya maupun pasarnya samar (volatile). Lingkungan simana pasarnya stabil tapi teknologinya samar (volatile) baik untuk jenis organisasi campuran dengan Dominasi Pasar dapat berfungsi baik dalam lingkungan yang teknologinya stabil tapi pasarnya samar (volatile).

Organisasi Mekanistik (OM)
satu organisasi yang formalisasinya tinggi. Ciri-cirinya antara lain: kerja yang berulang-ulang, pembagian kerja yang ketat (high division of labor), tingkat keterampilan rendah, pekerjaan terumuskan baik dan jelas dan  baik, saluran distribusi yang terpatok (fixed), sumber supply yang jelas dan mantap, sistem yang sederhana, sumber informasi yang baik dan lengkap, perangkat peraturan untuk menafsirkan lingkungan, anggaran yang distandardisasi, data tentang standar dan biaya yang lampau, pengambilan keputusan secara terpusat, tata tingkat yang kaku, konflik antara esolon tinggi dan rendah.

Organisasi Organik (OO)
Organisasi yang formulasinya rendah. Ciri-cirinya antara lain kerja tidak rutin, batasan pekerjaan tidak ketat, beragam sistem untuk distribusi, memerlukan orang dengan keterampilan tingggi, keterampilan klinikal diperlukan untuk menilai perubahan-perubahan, penggunaan minimal dari data sejarah, pengambilan keputusan yang decentralized, struktur dan tugas-tugas kerja yang lentur, konflik antar para profesional.

Organisasi Campuran Dominasi Teknologi (OCDT)
Formalisasi di bidang pemasaran tinggi, di bidang teknologi rendah. Ciri-cirinya antara lain,; teknologi yang intensif dan tepatguna (mediating), staf yang sangat terampil, saluran-saluran, pemasaran yang terpatok, R & D yang luas dan sangat berpengaruh, kendali dalam fungsi-fungsi teknikal didesentralisasi, kendali tingkat dalam pemasaran, interface management problems.

Organisasi Campuran Dominasi Pasar (OCDP)
Formalisasi di bidang teknologi tinggi, di bidang prmasaran rendah. Ciri-cirinya antara lain, teknologi dengan jaringan penjang dan/atau repetitif, saluran-saluran distribusi dipengaruhi oleh perubahan-perubahan “gaya”, lebih menjadi promoters daripada sales personas, R & D sedikit, pemasaran berpengaruh besar, biaya baku dalam bidang teknikal dan prouksi, kendali yang didesentralisasi dalam fungsi pemasaran, kendali yang disentralisasi dalam bidang-bidang lain, interface management problems.




Sumber: Buku Psikologi Industri dan  Organisasi. Asher Sunyato Munandar. Penerbit universitas indonesia (UI. Press). 2008

2 komentar:

Popular Posts

 
Toggle Footer