Tosi, Rizzo, Carroll membedakan
empat jenis generic organisasi, yaitu
(1) Organisasi Mekanistik (OM), (2) Organisasi Organik (OO), (3) Organisasi
Campuran dengan Dominansi Teknologi (OC-DT), (4) Organisasi Campuran dengan
Dominasi Pasar (OC-DP). Hubungan dasar dari keempat jenis organisasi dengan
lingkungan adalah sebagai berikut.
Organisasi mekanistik dapat
berfungsi baik dalam lingkungan yang baik teknologinya mampu pasarnya stabil. Organisasi
organik berfungsi baik dalam lingkungan yang baik teknologinya maupun pasarnya
samar (volatile). Lingkungan simana
pasarnya stabil tapi teknologinya samar (volatile)
baik untuk jenis organisasi campuran dengan Dominasi Pasar dapat berfungsi baik
dalam lingkungan yang teknologinya stabil tapi pasarnya samar (volatile).
Organisasi Mekanistik (OM)
satu organisasi yang
formalisasinya tinggi. Ciri-cirinya antara lain: kerja yang berulang-ulang,
pembagian kerja yang ketat (high division
of labor), tingkat keterampilan rendah, pekerjaan terumuskan baik dan jelas
dan baik, saluran distribusi yang
terpatok (fixed), sumber supply yang jelas dan mantap, sistem
yang sederhana, sumber informasi yang baik dan lengkap, perangkat peraturan
untuk menafsirkan lingkungan, anggaran yang distandardisasi, data tentang
standar dan biaya yang lampau, pengambilan keputusan secara terpusat, tata
tingkat yang kaku, konflik antara esolon tinggi dan rendah.
Organisasi Organik (OO)
Organisasi yang formulasinya
rendah. Ciri-cirinya antara lain kerja tidak rutin, batasan pekerjaan tidak
ketat, beragam sistem untuk distribusi, memerlukan orang dengan keterampilan
tingggi, keterampilan klinikal diperlukan untuk menilai perubahan-perubahan,
penggunaan minimal dari data sejarah, pengambilan keputusan yang decentralized, struktur dan tugas-tugas kerja
yang lentur, konflik antar para profesional.
Organisasi Campuran Dominasi
Teknologi (OCDT)
Formalisasi di bidang pemasaran
tinggi, di bidang teknologi rendah. Ciri-cirinya antara lain,; teknologi yang
intensif dan tepatguna (mediating),
staf yang sangat terampil, saluran-saluran, pemasaran yang terpatok, R & D
yang luas dan sangat berpengaruh, kendali dalam fungsi-fungsi teknikal
didesentralisasi, kendali tingkat dalam pemasaran, interface management problems.
Organisasi Campuran Dominasi
Pasar (OCDP)
Formalisasi di bidang teknologi
tinggi, di bidang prmasaran rendah. Ciri-cirinya antara lain, teknologi dengan
jaringan penjang dan/atau repetitif, saluran-saluran distribusi dipengaruhi
oleh perubahan-perubahan “gaya”, lebih menjadi promoters daripada sales personas,
R & D sedikit, pemasaran berpengaruh besar, biaya baku dalam bidang
teknikal dan prouksi, kendali yang didesentralisasi dalam fungsi pemasaran,
kendali yang disentralisasi dalam bidang-bidang lain, interface management problems.
Sumber: Buku Psikologi Industri dan Organisasi. Asher Sunyato Munandar. Penerbit universitas indonesia (UI. Press). 2008
terima kasih.
BalasHapusterima kasih.
BalasHapus