PERADABAN YUNANI KUNO (SEJARAH ROMAWI) - Kumpulan Materi
Breaking News
Loading...
Jumat, 22 Juni 2012

PERADABAN YUNANI KUNO (SEJARAH ROMAWI)


Kerajaan Yunani
Kerajaan yunani berintikan daerah italia, sekrang Roma sebagai ibu kotanya Kerajaan inti tersebut terletak di Semenanjung Apenina. Tanahnya subur berkait adanya gunung-gunung berapi seperti Visuvius, Stromboli, dan Etna. Juga sungai-sungai besar seperti Sungai Tiber dan Sungai Po ikut menyuburkan tanah semenanjung tersebut. Pegunungan terdapat di tengah semenanjung, sedangkan di daerah pantainya terdapat di dataran rendah.

Semenanjung Apenina terletak di tengah-tengah Laut Tengah sehingga strategis untuk perlahan dan pelayaran. Dikelilingi oleh Laut Adriatik dan lonia di sebelah timur, Laut Sicilia di sebelah selatan. Laut Trheen dan Laut Linuri di sebelah baratnya. Memiliki beberapa teluk seperti Teluk Venesia, Teluk Terente, dan Teluk Liguri di sebelah baratnya. Memiliki beberapa teluk seperti Teluk Venesia, Teluk Terente, dan Teluk Genua. Di daerah-daerah teluk itu terletak pelabuhan-pelabuhan penting.

Penduduk
Bangsa Romawi merupakan penduduk utama, mereka termasuk bangsa indo Jerman yang masuk Semenanjung Apenina dari arah utara pada tahun 1000 SM. Sedangkan di bagian selatan Kedua bangsa terakhir itu juga termasuk bangsa kulit putih seperti bangsa Romawi. Perempuan bangsa-bangsa itulah yang menjadi warga Romawi.

Semenajung Apenina yang subur menarik bangsa asing untuk mengusahakan tanah. Di samping itu letaknya yang strategis mendorong penduduk untuk berdagang dan berlayar. Bangsa Romawi waktu itu harus menghadapi bangsa Phonesia sebagai saingan dalam pencarian tersebut. Sebab sebelumnya bangsa Phunesialah yang merajat perdagangan di Laut Tengah. Salah satu pangkalan dagangnya yang penting adalah Karthago di pantai Utara Afrika.

Sumber
Sebagai sumber untuk mengetahui sejarah Romawi Kuno adalah cerita umum (legenda) dan buku atau syair aeneis karya Vergelius. Legendanya mengenai didikannnya kota Roma (754 SM). Dalam syair tersebut diceritakan tentang Aeneas, putra Anechie dengan Dewi Vnus (Aphrodite) yang berhasil menyelamatkan diri dari kota Troyo. Mereka mendarat di Karthago (Afrika Utara) bertemu Aeneas dengan ratu janda Dido mereka saling jatuh cinta lalu kawin. Dewi Jupiter (Zeus) murah karena Aeneas lengah akan kewajibannya. Aeneas meninggalkan Karthago menuju Italia dan Dido yang merasa dikhianati bersumpah akan membalas dendam. Negeri Latium waktu Italia dan Dido yang merasa dikhianati bersumpah akan membalas dendam. Negeri Latium waktu itu diperintah oleh raja Latinus, putrinya bernama Lavinia yang dipertunangkan dengan raja Turnus. Aeneas mengalahkan Turnus lalu kawin dengan Lavina, kemudian mendirikan kerajaan di tepi Sungai Tiber. Putra Aeneas bernama Ascanius mendirikan Alba Longa dan mempunyai anak kembar bernama Romulus dan Remus. Romawi dan Remus di hayutkan oleh ibunya di negerinya. Padahal raja tersebut adalah paman kedua anak tersebut. Kedua anak itu diselamatkan oleh seekor serigala yang kemudian memeliharanya. Akhirnya mereka jatuh ke tangan pengembala yang menjadikan mereka anaknya. Setelah Romulus dan Remus besar, mereka mengerjakan ladang. Suatu saat Romulus membunuh saudaranya karena dianggap melanggar wilayahnya. Dengan dukungan rakyat Romulus dapat menyingkirkan pamannya Pamanya lalu ia diangkat menjadi raja. Di ladangnya itulah ia mendirikan Kota Roma.

Legenda itu mirip dengan kisah Nabi Musa di Mesir dan berhasilnya bangsa Israel menguasai tanah Kenaan.

Karya Vergelius ditulis atas perintah Kaisar Agustus. Tujuannya adalah agar bangsa Romawi memiliki rasa keagamaan, kekuatan hati, dan kesabaran serta kesederhanaan seperti nenek moyangnya.

Dari legenda dan syair tersebut tersirat kebenaran sejarah, yaitu adanya koloni bangsa Yunani di Italia Selatan. Mereka campur dengan penduduk asli yang melahirkan bangsa Romawi.



Sumber: Sejarah. Drs. Imron

0 komentar:

Poskan Komentar

Popular Posts

 
Toggle Footer