PENGERTIAN GEOGRAFI - Kumpulan Materi
Breaking News
Loading...
Sabtu, 21 Juli 2012

PENGERTIAN GEOGRAFI


Agar dalam pemahaman geografi menjadi jelas, berikut ini akan dikemukakan definisi atau pengertian geografi dari para ahli:
  1. Sidney dan Donald J.D Mulkerne mengemukakan bahwa geografi adalah ilmu pengetahuan tentang bumi dan kehidupan yang ada di atasnya serta pengaruhnya terhadap kehidupan. 
  2. Strabo mengatakan bahwa erat kaitannya dengan karakteristik tertentu suatu tempat dan memperlihatkan juga hubungan antara berbagai tempat secara keseluruhan. 
  3. Bintarto mengemukakan bahwa geografi adalah ilmu pengetahuan yang menceritakan, menerangkan sifat bumi, menganalisais gejala alam dan penduduk serta mempelajari corak yang khas dalam kehidupan dan berusaha mencari fungsi dan unsure bumi dalam ruang dan waktu. 
  4. Hasil seminar dan lokakarya corak pra pakar geografi di Semarang pada 1988, geografi didefinisikan sebagai ilmu yang mempelajari persamaan dan perbedaan fenomena geosfer dari sudut pandang kelingkungan atau kewilayahan dalam konteks keruangan. 
  5. Menurut GBHN SMU kurikulum 1994, Geografi adalah pengetahuan mengenai persamaan dan perbedaan gejala alam kehidupan di muka bumi (gejala geosfer) serta interaksi manusia dengan lingkungan dalam konteks keruangan dan kewilayahan.




Sumber: Mimbar Aksi Geografi. Tim Geografi; Disusun Pengurus MGMP Geografi Kabupaten Gresik Periode 2007 – 2008. (Hlm. 3)

0 komentar:

Poskan Komentar

Popular Posts

 
Toggle Footer