Breaking News
Loading...
Senin, 06 Agustus 2012

ALAT PEMBAYARAN INTERNASIONAL


Untuk melakukan pembayaran kepada penduduk negara lain diperlukan valuta asing (mata uang yang dapat dibeli di bursa valuta asing). Berarti, ini dipakai untuk membiayai perdagangan internasional.

Perdagangan internasional memerlukan bursa valuta asing sebagai saluran pembelian dan penjualan valuta asing (valas). Berarti, bursa valuta asing berperan membiayai kegiatan perdagangan internasional suatu negara. Negara kita, misalnya menggunakan mata uang dolar Amerika Seikat (US$) untuk membiayai kegiatan ekspor dan impor. Untuk itu, kita harus menukarkan uang rupiah dengan dollar AS. Di sinilah terjadi jual beli valuta asing atau yang biasa dikenal sebagai transaksi valas.

Penggunaan Jasa Bursa Valuta Asing
Orang atau lembaga yang membutuhkan jasa dan bursa valuta asing antara lain sebagai berikut.
  1. Pemerintah yang membutuhkan valuta asing untuk membiayai perwakilan – perwakilannya di luar negeri, menyelesaikan utang – utang luar negeri yang telah jatuh tempo, membayar bunga, dan untuk keperluan luar negeri lainnya.
  2. Rumah – rumah tangga keluarga yang membutuhkan valuta asing untuk membiayai anggota keluarganya belajar di luar negeri.
  3. Wisatawan – wisatawan dalam negeri  yang akan berkunjung ke luar negeri. Untuk berbelanja atau mencukupi kebutuhannya di luar negeri, mereka harus membeli mata uang negeri yang bersangkutan.
  4. Perusahaan  -Perusahaan asing( yang ada di Indonesia) yang akan membayar deviden kepada para pemegangn seharusnya di luar negeri.
  5. Orang – orang di dalam negeri yang akan membayar utang atau bunganya ke luar negeri.
  6. Para importir yang akan membayar kepada eksportir di luar negeri.
  7. Para investor dalam negeri yang memerlukan valuta asing untuk menyelesaikan kewajiban – kewajibannya terhadap orang di luar negeri.
  8. Orang – orang bisnis yang melakukan spekulasi terhadap naik turunnya nilai valuta asing.

Sejumlah Istilah dalam Jual Beli Valuta Asing
Untuk memahami transaksi valas, kita perlu mengetahui beberapa istilah yang sering muncul dalam lalu lintas jual beli mata uang asing.
  1. Foreign currenc : mata uang negara asing.
  2. Foreign exchange : penjualan/pembelian mata uang negara asing.
  3. Exchange rate atau nilai kurs : harga suatu mata uang yang tampak dari ukuran beberapa mata uang lainnya. Misalnya, harga US $1 setara dengan Rp 9.338, atau 0,5 poundsterling, atau 0,81 euro, atau 111 yen.
  4. Foreign exchange equalization account : mata uang asing yang dipegang oleh bank sentral yang digunakan untuk mempengaruhi bursa valuta asing.
  5. Foreign exchange reserves: cadangan devisa yang digunakan untuk memperbaiki defisit neraca pembayaran antarnegara. Cadangan ini berupa emas, valuta asing, dan IMF Drawing Rights.




Sumber: Ekonomi. Suyanto. Nurhadi. Penerbit Erlangga. 2004. (Hlm.68 – 70).

1 komentar:

  1. taik nih gak bisa di copy, mau buat tugas susah nih WOI !
    blogger yang bener dong !

    BalasHapus

 
Toggle Footer