PROSES MIGRASI RAS PROTO MELAYU DAN DEUTERO MELAYU DI KAWASAN ASIA TENGGARA DAN INDONESIA - Kumpulan Materi
Breaking News
Loading...
Selasa, 07 Agustus 2012

PROSES MIGRASI RAS PROTO MELAYU DAN DEUTERO MELAYU DI KAWASAN ASIA TENGGARA DAN INDONESIA


Pada zaman prasejarah kehidupan manusia berpindah dari satu tempata ke tempat lain adalah hal yang wajar. Sebab mereka butuh mempertahankan hidup dengan cara mencari tempat yang lebih baik yang bisa memenuhi dan mencukup akan kebutuhan hidupnya. Hal ini seperti yang dialami oleh bangsa Proto Melayu dan Deutero Melayu.

Bangsa Proto Melayu dan Deutero Melayu ini membuat asal usul nenek moyang bangsa Indonesia. Mereka berasal dari Cina Selatan tepatnya daerah Yunani. Karena situasi dan kondisi, bangsa ini melakukan perpindahan dari satu tempat ke tempat lain termasuk di antaranya ke pulau – pulau sebelah selatannya termasuk sampai di Indonesia.

Bangsa Proto Melayu masuk Indonesia tahun 1500 SM melalui jalan barat dan jalan timur. Jalan barat melalui Semenanjung Melayu lalu ke Sumatera. Sementara jalan ke timur penyebarannya melalui Filipina lalu ke Sulawesi dan menyebar di Indonesia. Keturunan bangsa Proto Melayu antara lain bangsa Batak Toraja, dan Papua. Hasil budayanya antara lain kapak lonjong dan kapa persegi. Sementara bangsa Deutero Melayu masuk Indonesia lewat jalan timur, yaitu Filipina terus ke Sulawesi lalu menyebar ke Indonesia. Hasil budayanya sekarang benda – benda perunggu seperti kapak corong, nekara, bejana, arca perunggu, perhiasan perunggu, dan lain – lain. Keturunan bangsa Deutero Melayu antara lain suku Jawa, Sumatera, dan Bugis.





Sumber: Sejarah. Drs. Imron. (Hlm. 28)

2 komentar:

Popular Posts

 
Toggle Footer