MAKNA PENGEMBANGAN KREATIVITAS - Kumpulan Materi
Breaking News
Loading...
Rabu, 19 September 2012

MAKNA PENGEMBANGAN KREATIVITAS


Hidup dalam masa di mana ilmupengetahuan berkembang dengan pesatnya untuk digunakan secara konstruktif – sayangnya juga secara destruktif – suatu adaptasi kreatif merupakan satu – satunya kemungkinan bagi suatu bangsa yang sedang berkembang untuk dapat mengikuti perubahan – perubahan yang terjadi, untuk dapat menghadapi problema – problema yang semakin kompleks. Sebagai pribadi, maupun sebagai kelompok atau suatu bangsa, kita harus mampu memikirkan, membentuk cara – cara baru, atau mengubah cara -  cara lama secara kreatif, agar kita dapat survive dan tidak hanyut atau tenggelam dalam persaingan antarbangsa dan negara, terutama dalam era globalisasi ini. oleh karena itu, pengembangan kreativitas sejak usia dini; tinjauan dan penelitian tentang proses kreativitas; kondisi – kondisinya serta cara – cara yang dapat memupuk, merangsang, dan mengembangkannya menjadi sangat penting.

Mengapa kreativitas begitu bermakna dalam hidup? Mengapa kreativitas perlu dipupuk sejak dini dalam diri peserta didik?

Pertama, karena dengan berkreasi orang dapat mewujudkan dirinya, dan perwujudan diri merupakan kebutuhan pokok pada tingkat tertinggi dalam hidup manusia (Maslow, 1967). Kreativitas merupakan manifestasi dari individu yang berfungsi sepenuhnya.

Kedua, kreativitas atau berpikir kreatif sebagai kemampuan untuk melihat bermacam – macam kemungkinan penyelesaian terhadap suatu masalah merupakan bentuk pemikiran yang sampai saat ini masih kurang mendapat perhatian dalam pendidikan. Di sekolah yang terutama dilatih adalah penerimaan pengetahuan, ingatan, dan penalaran.

Ketiga, bersibuk diri secara kreatif tidak hanya bermanfaat bagi diri pribadi dan lingkungan, tetapi terlebih – lebih juga memberikan kepuasan kepada individu. Dari wawancara terhadap tokoh – tokoh yang telah mendapat penghargaan karena berhasil mencipta sesuatu yang bermakna, yaitu para seniman, ilmuwan dan para inventor, ternyata faktor kepuasan ini amat berperan, bahkan lebih dari keuntungan material semata – mata (Biondi, 1972).

Keempat, kreativitaslah yang memungkinkan manusia meningkatkan kualitas hidupnya. Dalam era pembangunan ini, kesejahteraan dan kejayaan masyarakat dan negara bergantung pada sumbangan kreatif, berupa ide – ide baru, penemuan – penemuan baru, dan teknologi baru. Untuk mencapai hal ini, sikap, pemikiran, dan perilaku kreatif harus dipupuk sejak dini.




Sumber: Kreativitas & Keberbakatan Strategi Mewujudkan Potendi Kreatif & Bakat. Prof Dr.S.C Utami Munandar. Penerbit PT Gramedia Pustaka Utama. (Halm. 43 – 44)

0 komentar:

Poskan Komentar

Popular Posts

 
Toggle Footer