PEMBULU BALIK (VENA) - Kumpulan Materi
Breaking News
Loading...
Senin, 17 September 2012

PEMBULU BALIK (VENA)


Pembulu balik (vena) adalah pembulu yang membawa darah menuju jantung. Letaknya dekat permukaan tipis dan tidak elastis. Denyut pembulu balik tidak terasa.

Pembulu balik mempunyai katup di sepanjang pembulunya. Katup ini berfungsi agar aliran darah berlangsung saru arah. Selain itu, katup ini juga menjaga agar darah tetap mengalir karena tidak ada pompa pada aliran darah di pembulu darah balik.

Pembulu balik terdiri atas pembulu balik tubuh dan pembulu balik paru – paru.

Pembulu balik tubuh
Pembulu balik tubuh berasal dari seluruh tubuh menuju ke serambi kanan jantung. Pembulu ini kaya dengan gas karbon dioksida dan miskin oksigen.
Darah dari seluruh pembulu balik yang berada di tubuh bagian atas, yaitu dari kepala dan kedua kaki, akan berkumpul menjadi satu di pembulu balik besar bawah (vena cava inferior).

Pembulu balik paru – paru
Pembulu balik paru – paru terdiri dari atas pembuluh balik paru – paru kiri dan pembuluh balik paru – paru kanan. Pembuluh balik paru – paru kiri mengangkut darah dari paru – paru kiri. Pembuluh balik paru – paru kanan mengangkut darah dari paru – paru kanan. Keduanya bersatu menuju jantung bagian serambi kiri. Pembuluh balik paru – paru ini mengangkut  darah yang kaya dengan oksigen.

Pembulu balik membawa darah menuju jantung. Letaknya dekat permukaan kulit, dindingnya tipis, denyutnya tidak terasa, memiliki katup di sepanjang pembulunya.



Sumber: Biologi. Sumarwan. Sumartini, Kusmayadi. (Hlm. 36)

0 komentar:

Poskan Komentar

Popular Posts

 
Toggle Footer