PELATIHAN UNTUK MENJADI PSIKOLOGI KLINIS ANAK DAN PEDIATRIK - Kumpulan Materi
Breaking News
Loading...
Minggu, 16 September 2012

PELATIHAN UNTUK MENJADI PSIKOLOGI KLINIS ANAK DAN PEDIATRIK


Setelah menjalani pendidikan /pelatihan menjadi psikolog klinis anak dan pendiatrik diperlukan pendidikan tambahan berupa pelatihan – pelatihan, yang antara lain dikemukakan Robert dkk. (1998), yang pada dasarnya meliputi. 

  1. Psikologi perkembangan rentang kehidupan, untuk mendapatkan keahlian dalam proses perkembangan yang meliputi segala aspek, dan bagaimana memahami proses itu berpengaruh terhadap aspek asesmen, diagnosis, penanganan, dan hasil. 
  2. Psikopatologi berkembang rentang kehidupan, menyangkut informasi mengenai perkembangan abnormal dan gangguan yang menyangkut mental dan emosional. 
  3. Metode asesmen keluarga, remaja, dan anak, menyangkut administrasi dan interprestasi asesmen dalam intelektual, kepribadian, perilaku, keluarga, dan konteks sosio – kultural. 
  4. Strategi – strategi intervensi, yang berhubungan dengan anak, remaja, keluarga, orang tua, dan sekolah serta komunitas. 
  5. Metode riseta dan evaluasi sistem – sistem. Masalah – masalah ini dimaksudkan agar psikolog dalam membuat penelitian lanjutan akrab denga metode riset agar mampu menangani hasil asesmen dan intervensi yang kritis. 
  6. Masalah – masalah profesional, etik, dan hukum, baik menyangkut anak yang bermasalah itu sendiri, juga untuk pesikolog sendiri seandainya ada satu dan lain hal yang menyangkut masalah – masalah itu. 
  7. Masalah – masalah diversitas, yakni adanya perbedaan – perbedaan atau pluralisme yang banyak hal, seperti etnik dan kultur, yang sering berhubungan dengan, baik penafsiran data asesmen, jenis intervensi, bahkan system pemberian laporan kepada orang tua dan lain – lain. 
  8. Sistem disiplin multiple dan servis penyampaian, karena penanganan masalah anak banyak menuntut multi atau interdisiplin. Psikolog seyogyanya mengerti bagaimana disiplin lain yang mengenai anak bekerja. 
  9. Promosi prevensi, dukungan keluarga, dan kesehatan, terutama karena psikolog perlu untuk memikirkan pula masa depan anak, selain menangani apa yang dialaminya saat ini. 
  10. Masalah – masalah sosial yang berpengaruh pada anak, remaja, dan keluarga, yang saat ini makin banyak dan kadang – kadang tidak terduga bakal mempengaruhi kehidupan anak sehari – hari. Masalah – masalah komersial yang mendasari tayangan televisi, misalnya bisa berpegaruh banyak terhadap anak dan remaja. 
  11. Pengalaman spesialis di bidang asesmen, intervensi, dan konsultasi, sehingga psikolog ini dapat bekerja menangani anak dalam berbagai setting. 



Sumber: Pengantar Psikologi Klinis. Edisi revisi. Prof. Dr. SUTARDJO A. WIRAMIHARDJA, Psi. (Hlm 195 - 196).

0 komentar:

Poskan Komentar

Popular Posts

 
Toggle Footer