SIKAP KREATIF SEBAGI CIRI NON BAKAT (Non – Aptitude Trait) DARI KREATIVITAS - Kumpulan Materi
Breaking News
Loading...
Kamis, 27 September 2012

SIKAP KREATIF SEBAGI CIRI NON BAKAT (Non – Aptitude Trait) DARI KREATIVITAS


Pokok perhatian yang dibahas berikut ini menyangkut masalah ciri non – bakat (non aptitude trait) dari kreativitas  dan sejauh mana sumbangan terhadap kinerja kreatif.

Secara umum dapat diterima bahwa produktivitas kreatif di pengaruhi oleh perubahan (variabel) majemuk yang meliputi faktor sikap, motivasi, dan temperatur disamping kemampuan kognitif. Penting atribut kepribadian tertentu yang menjadikan seseorang telah menjadi objek pembahasan berbagai macam studi. Studi yang dilakukan  Roe (1952), MacKinnon (1962), dan Cattell (1968) semuanya menunjukkan bahwa profil kepribadian dari tokoh – tokoh yang unggul kreatif berbeda dari profil kepribadian rata – rata.

Dari studi – studi faktor analisis seputar ciri – ciri utama dari kreativitas Guilford (1959) membedakan antara ciri bakat (aptitude trait) dan ciri non – bakat (non – aptitude trait) yang berhubungan dengan kreativitas. Ciri – ciri aptitude dari kreativitas (berpikir kreatif) meliputi kelancaran, kelenturan dan keluwesan (fleksibilitas), dan orisinalitas dalam berpikir, dan ciri – ciri ini dioperasionalisasikan dalam tes berpikir divergen. Sejauh mana seseorang mampu menghasilkan prestasi kreatif ikut ditentukan oleh ciri – ciri non aptitude (efektif).

Penelitian berdasarkan analisis faktor menunjukkan korelasi yang statistik bermakna (signifikan) walaupun rendah, antara ciri – ciri non – aptitude atau afektif ini, misalnya kepercayaan diri, keluwetan, apresiasi estetik, kemandirian dan ciri – ciri aptitude dari kreativitas misalnya kelancaran, kelenturan, dan orisinalitas dalam berpikir.

Sehubungan dengan itu pengembangan kreativitas seseorang tidak hanya memperhatikan pengembangan kemampuan berpikir kreatif tetapi juga pemupukan sikap dan ciri – ciri kepribadian kreatif. Keberbakatan (giftdness) merupakan perpaduan antara kemampuan umum atau kecerdasan (inteligensi), kreativitas (kemampuan berpikir kreatif dan sikap kreatif), dan pengikat diri terhadap tugas (task – commitment) atau motivasi – internal, yang juga merupakan non aptitude trait.




Sumber: THEORIES OF LEARNING (Teori Belajar), Edisi Ketujuh. B. R. Hergenhahn. Mattahew H. Olson. (Hal. 11 – 12)

0 komentar:

Poskan Komentar

Popular Posts

 
Toggle Footer