CIRI – CIRI PERUSAHAAN DAGANG - Kumpulan Materi
Breaking News
Loading...
Jumat, 05 Oktober 2012

CIRI – CIRI PERUSAHAAN DAGANG


Secara umum. Proses pencatatanakuntansi pada perusahaan dagang tidak berbeda dengan perusahaan jasa. Perbedaannya terletak pada ciri – ciri perusahaan dagang yang tidak terdapat pada perusahaan jasa. Perusahaan dagang adalah bentuk usaha yang kegiatannya membeli barang untuk di jual kembali., tanpa mengubah sifat barang tersebut. Pengelola barang yang dijual terbatas pada pengemasan dan pelabelan. Contoh perusahaan dagang adalah toko, showroom, hypermart, swalayan, dan depot.

Berdasarkan pengertiannya, ciri – ciri perusahaan dagang dapat disimpulkan sebagai berikut.

  1. Usaha yang dilakukan adalah usaha yang menjual dan membeli dan menjual kembali barang dagang tanpa mengolah terlebih dahulu. 
  2. Menggunakan akun persediaan barang mengelola terlebih dahulu. 
  3. Memperhitungkan harga pokok penjualan (HPP). 
  4. Laporan labar/rugi menggunakan bentuk single step maupun multiple step.

Baimana dengan kegitan pada perusahaan dagang? Kegiatan utama perusahaan dagang meliputi pembelian pembayaran, penjualan, dan penerimaan. Keempat kegiatan tersebut dapat berkembang menjadi berbagai bentuk transaksi. Semakin besar kegiatan usahanya, semakin kompleks transaksi yang terjadi.



Sumber: Ekonomi. Agung Faryanto (Hal. 2)

2 komentar:

  1. Semoga info ini bermanfaat juga, memang banyak orang yang ingin sukses udaha dagang nya tanpa dibarengi dengan kualitas produk & pelayanan yang dijualnya. Bagaimana bisa? Karena yang namanya cara dagang memang perlu adanya peningkatan kualitas barang dagangannya. Tak perlu melakukan hal yang repot seperti belajar bisnis atau kursus online. Umumnya orang dagang sudah punya banyak pengalaman sebagai usaha nyata (lahir) nya, tapi terkadang masih kurang mengerti ilmu pelarisan seperti dalam usaha batin nya. Maka dari itu silakan coba mengimbangi dengan sarana batin, seperti menggunakan sarana pelarisan. Banyak orang yang bilang sebaiknya memang usaha nyata (lahiriah) dengan usaha batiniahnya harus seimbang. Berbicara masalah pelarisan dagang, ada yang pernah menyarankan menggunakan sebuah JIMAT yang katanya AMPUH. Informasi selengkapnya
    saya peroleh dari DISINI>> JIMAT PELARISAN
    Semoga bermanfaat.




    kursus online

    BalasHapus

Popular Posts

 
Toggle Footer