DASAR PERTIMBANGAN YANG BERKAITAN DENGAN PENGEMBANGAN KREATIVITAS - Kumpulan Materi
Breaking News
Loading...
Minggu, 07 Oktober 2012

DASAR PERTIMBANGAN YANG BERKAITAN DENGAN PENGEMBANGAN KREATIVITAS


Dasar pertimbangan untuk mengembangan kreativitas dapat diintisarikan sebagai berikut:
  1. Dewasa ini tampak adanya kesenjangan antara kebutuhan akan kreativitas dan perwujudannya di dalam masyarakat pada umumnya, dan dalam pendidikan di sekolah pada khususnya. 
  2. Pendidikan di sekolah lebih berorientasi pada pengembangan kecerdasan (inteligensi) daripada pengembangan kreativitas, sedangkan keduanya sama pentingnya untuk mencapai keberhasilan dalam belajar dan dalam hidup. 
  3. Pendidikan (guru dan orangtua) masih kurang memahami arti kreativitas yang meliputi ciri bakat dan non bakat dan bagaimana mengembangkannya pada anak dalam tiga lingkungan pendidikan di rumah, di skolah, dan di dalam masyarakat. 
  4. Masih sangat kurangnya pelayanan pendidikan khusus bagi merak yang berbakat istimewa sebagai sumber daya manusoa berpotensi unggul padahal apabila mereka diberi kesempatan pendidikan yang sesuai dengan potensinya, dapat memberikan konstribusi yang bermakna kepada di bawah potensi mereka. 
  5. Dalam pelayanan pendidikan bagi anak berbakat pengembangan kreativitas sebagai salah satu faktor utama yang menentukan keberbakatan merupakan suatu tuntutan.


Sumber: THEORIES OF LEARNING (Teori Belajar), Edisi Ketujuh. B. R. Hergenhahn. Mattahew H. Olson. (Hal. 14 – 15)

0 komentar:

Poskan Komentar

Popular Posts

 
Toggle Footer