PENGANTAR MANAJEMEN SUMBER DAYA MANUSIA - Kumpulan Materi
Breaking News
Loading...
Rabu, 17 Oktober 2012

PENGANTAR MANAJEMEN SUMBER DAYA MANUSIA


Lingkungan yang makin kompleks dan menantang, yang ditransformasikan oleh faktor – faktor seperti globalisasi, pengembangan teknologi, penyebaran teknologi baru yang makin cepat, hingga pengembangan dan penggunaan pengetahuan mewarnai bentangan abad ke – 21 ini. faktor – faktor ini telah menimbulkan perubahan drastis dan mempengaruhi berbagai aspek kehidupan masyarakat di seluruh dunia, termasuk Indonesia. Tak terelakkan pula, perubahan lingkungan yang kompleks dan dinamis itu akan mempengaruhi kemampuan organisasi, khususnya organisasi bisnis, untuk kompetisi dan mempertahankan daya saingnya. Kemampuan ini, pada gilirannya, akan sangat ditentukan oleh mutu sumber daya manusia atau modal insani (human capital) yang dimiliki.

Pada tingkat mikro, persaingan bisnis yang meningkat akan mendorong perusahaan untuk memasukkan isu sumber daya manusia ke dalam strategi pengembangan perusahaan. Perusahaan tidak hanya perlu memiliki produktivitas tinggi, tetapi juga harus menunjukkan keunggulan dalam kemampuan untuk menghasilkan barang dan jasa bermutu, beraneka ragam sesuai dengan selera pelanggan, diserta dengan kemudahan dan kenyamanan serta ketepatan waktu. Daya saing perusahaan akan sangat ditentukan oleh kompetensi sumber daya memanfaatkan ilmu pengetahuan dan teknologi, akan menjadi sumber keunggulan kompetitif (competitive advantage) yang sangat penting.

Singkatnya untuk mencapai tujuan – tujuannya, sebuah organisasi harus memiliki individu – individu dengan kompetensi unggul, yang tersedia pada saat dan tempat yang tepat. Ini diwujudkan melalui aktivitas – aktivitas manajemen sumber daya manusia, yang secara ringkas dapat dikatakan sebagai upaya pendayagunaan sumber daya manusia. Efektivitas Implementasi strategi organisasi terutama bergantung pada manajemen sumber daya insani yang merasakan kepuasan kerja dan bekerja secara memuaskan. Manajemen sumber daya manusia merupakan bagian dari manajemen umum yang memusatkan perhatian pada unsur manusia dalam organisasi.



Sumber: MANAJEMEN SUMBER DAYA MANUSIA. Edisi Kedua. Marwansyah. Penerbit Alfabeta Bandung. (Hal. 2)

0 komentar:

Poskan Komentar

Popular Posts

 
Toggle Footer