PERENCANAAN ANALISIS JABATAN - Kumpulan Materi
Breaking News
Loading...
Senin, 15 Oktober 2012

PERENCANAAN ANALISIS JABATAN


Pada umumnya, dalam perencanaan pengumpulan informasi jabatan, dilakukan langkah – langkah  berikut.

Pertama, Menentukan informasi umum tentang organisasi dan jabatan, dan cara memperolehnya. Informasi jabatan yang dibutuhkan antara lain:
  1. Identifikasi jabatan 
  2. Pelaksanaan pekerjaan, 
  3. Persyaratan jabatan.
Analisis jabatan hendaknya mengumpulkan  informasi tentang bidang – bidang berikut ini.

  1. Kewajiban dan Tugas. Unit dasar sebuah jabatan/pekerjaan adalah pelaksanaan tugas – tugas dan kewajiban –kewajiban tertentu. Informasi yang perlu dikumpukan tentang aspek – aspek ini meliputi: frekuensi, durasi, upaya, keterampilan, kerumitan, perlengkapan, standar, dan sebagainya.
  2. Lingkungan. Aspek ini dapat berdampak signifikan terhadap persyaratan fisik untuk melaksanakan sebuah pekerjaan. Lingkungan kerja bisa meliputi kondisi – kondisi tidak menyenangkan seperti bau menyengat dan temperatur ekstrim. Aspek ini juga bisa mencakup risiko – risiko terhadap pelaksanaan pekerjaan, misalnya gas beracun, bahan radioaktif, kekerasan dan orang – orang yang agresif, dan bahan mudah meledak dan berbahaya.
  3. Pelaksanaan dan perlengkapan. Sejumlah kewajiban dan tugas dilaksanakan denga menggunakan peralatan dan perlengkapan khusus. Perlengkapan juga bisa termasuk pakaian pelindung, misalnya. Komponen – komponen ini perlu di sebutkan secara spesifik dalam analisis jabatan.
  4. Hubungan Kerja. Ini meliputi bentuk supervisi yang diberikan dan diterima oleh pemangku jabatan. Analisis jabatan juga harus mengidentifikasi hubungan kerja dengan orang – orang di dalam dan di luar organisasi.
  5. Persyaratan kerja. Persyaratan ini meliputi pengetahuan, keterampilan, kemampuan untuk melaksanakan pekerjaan. Dalam praktiknya, seorang pemangku jabatan bisa saja memiliki kompetensi lebih tinggi dari pada yang dibutuhkan untuk sebuah pekerjaan, tetapi analisis, jabatan biasanya hanya menyatakan persyaratan minimal untuk menjalankan seuatu jabatan.

Kedua, menentukan metode pengumpulan data.
  1. Memilih pendekatan yang digunakan (apakah pendekatan individual atau melalui pengambilan sampel). 
  2. Menentukan sumber data. 
  3. Memiliki teknik pengumpulan data.



Sumber: Manajemen Sumber Daya Manusia. Edisi Kedua. Marwansyah. Penerbit Alfabeta Bandung.

0 komentar:

Poskan Komentar

Popular Posts

 
Toggle Footer